Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya bahan ajar yang digunakan guru dalam
proses pembelajaran, guru hanya menggunakan LKS hasil terbitan penerbit yang masih
terdapat kekurangan dari segi materi dan tampilan. Tujuan penelitian ini untuk
mendeskripsikan hasil Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada materi
teks negosiasi dengan model contextual teaching and learning (CTL) yang valid dan
efektif. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model
pengembangan 4-D (four- D) yaitu terdiri empat tahapan, yaitu Define, Design,
Develop, and Disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 5 kota
Bengkulu yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner
dengan beberapa instrumen, yaitu instrumen validasi ahli, instrumen kebutuhan peserta
didik, dan instrumen post-test. Hasil penelitian ini adalah sebuah produk berupa LKPD
menulis teks negosiasi dengan model contextual teaching and learning untuk kelas XI
SMKN 5 kota Bengkulu. Dari hasil analisis terhadap instrumen validasi LKPD, maka
LKPD yang dikembangkan berkategori sangat valid dengan tingkat kevalidan sebesar
85%.. Nilai efektivitas LKPD sebesar 90% dengan kategori baik yang diperoleh dari nilai
pre-test dan post-test peserta didik

Article Details

How to Cite
Welia, W. S., Ariesta, R., & Gumono. (2024). Pengembangan Lkpd Teks Negosıası Berbasıs Ctl Kelas X SMKN 5 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(3), 432–444. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26295

References

  1. Asniati, A. R. (2021). Pengaruh Minat dan Pengetahuan Teori Terhadap Kompetensi
  2. Menulis Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 60-
  3. Debby, M. (2020). Teks Negosiasi. Jawa Barat: Guepedia.
  4. Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi
  5. Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa : Pendidikan
  6. Bahasa dan Sastra Indonesia, 94-103.
  7. Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter.
  8. Bogor: Galia Indonesia.
  9. Herwan, H. E., & Utami, N.U. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Assurance, Relevance,
  10. Interest, Assessment And Satisfaction (Arias) terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata
  11. Pelajaran IPS (Penelitian Kuasi Ekperimen pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1
  12. Astanajapura Kabupaten Cirebon). . Edunomic, 230-248.
  13. Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
  14. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. yogyakarta: Diva
  15. Press.
  16. Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung:
  17. Alfabeta.
  18. Tatik Sutarti, E. I. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian Pengembangan.
  19. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
  20. Triana, N. (2021). LKPD Berbasis Eksperimen : Tingkatkan Hasil Belajar Siswa