Isi Artikel Utama

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahuhi kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metodenya deskriptif. Populasi penelitian ini semua siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu berjumlah 166 siswa, tetapi sampel menggunakan purposive sampling maka terpilih kelas VIII D. Metode pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Hasil kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu adalah 58,7 kategori cukup.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Feni, F. A., Arono, & M.Arifin. (2024). F Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Korpus, 8(2), 227–233. https://doi.org/10.33369/jik.v8i2.26302

Referensi

  1. Akhadiah, Sabarti, dkk. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
  2. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Djuharni. (2001). Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Jakarta: Depdiknas.
  3. Isnatun, Siti dan Umi Farida. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira. Kosasih, E. (2014). Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya.
  4. Mulyati. (2015). Terampil Berbahasa Indonesia. Jakarta: Prenamedia Group.
  5. Nurgiyantoro, Burhan. (2001). Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.Yogyakarta: BPFE.
  6. Sunarti dan Maryani. (2007). Bahasa dan Sastra Indonesia 2. Jakarta: Depdiknas.
  7. Tarigan, Henry Guntur (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
  8. Yustina. (2017). Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP. Klaten: Intan Pariwara