Main Article Content
Abstract
Penelitian pengembangan memiliki tujuannya untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal bagi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Model ADDIE, yang memiliki lima tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, Tahap analisis kebutuhan dan kinerja serta wawancara oleh guru dapat diambil kesimpulan bahwa kebutuhan akan LKPD teks fabel menginginkan LKPD yang memiliki langkah kerja, contoh pengerjaan tugas yang diberikan, serta cerita fabel yang bermuatan lokal terdapat materi secara ringkasan dan bagian refleksi gar siswa dapat menjelasakan pemahaman mereka tentang materi teks fabel. Tahap perancangan melakukan penyusunan LKPD berbasis nilai-nilai lokal yang di rancang dalam tahap ini ialah sampul dari LKPD, LKPD kegiatan I sampai IV, refleksi, lembar soal, dan referensi semuanya dirancang selama tahap desain untuk mencerminkan nilai-nilai lokal. Pada tahap pengembangan, produk LKPD yang telah dirancang dan diujicobakan oleh dosen berpengetahuan akan mendapatkan skor penilaian dari validator, skor 3,7 untuk kriteria valid dan 3,6 untuk kriteria tidak valid, selanjutnya produk akan direvisi. Kemudian pada tahap implementasi daya tarik. Uji coba ini dilakukan terhadap 20 siswa SMP 15 Kota Bengkulu. ditentukan sebesar 93% menunjukkan bahwa memenuhi dalam 93,3 persen kasus. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dari hasil validasi ahli dan uji coba produk.
Article Details
Copyright (c) 2023 Perti Ulandari, Ria Ariesta, Padi Utomo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Asniati, A. R. (2021). Pengaruh Minat dan Pengetahuan Teori Terhadap Kompetensi Menulis Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 60-73.
- Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 94-103.
- Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
- Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
- Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
- Sudarmadji, dkk. (2010). Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT Kurnia Kalam Semesta.
- Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
- Tegeh, I Made, Dkk. ( 2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta.
- Zaidan,dkk. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
References
Asniati, A. R. (2021). Pengaruh Minat dan Pengetahuan Teori Terhadap Kompetensi Menulis Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 60-73.
Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 94-103.
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
Sudarmadji, dkk. (2010). Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT Kurnia Kalam Semesta.
Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I Made, Dkk. ( 2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta.
Zaidan,dkk. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.