Main Article Content

Abstract

Penelitian pengembangan memiliki tujuannya untuk mengetahui bagaimana tanggapan siswa terhadap Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal bagi siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Model ADDIE, yang memiliki lima tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi, Tahap analisis kebutuhan dan kinerja serta wawancara oleh guru dapat diambil kesimpulan bahwa kebutuhan akan LKPD teks fabel menginginkan LKPD yang memiliki langkah kerja, contoh pengerjaan tugas yang diberikan, serta cerita fabel yang bermuatan lokal terdapat materi secara ringkasan dan bagian refleksi gar siswa dapat menjelasakan pemahaman mereka tentang materi teks fabel. Tahap perancangan melakukan penyusunan LKPD berbasis nilai-nilai lokal yang di rancang dalam tahap ini ialah sampul dari LKPD, LKPD kegiatan I sampai IV, refleksi, lembar soal, dan referensi semuanya dirancang selama tahap desain untuk mencerminkan nilai-nilai lokal. Pada tahap pengembangan, produk LKPD yang telah dirancang dan diujicobakan oleh dosen berpengetahuan akan mendapatkan skor penilaian dari validator, skor 3,7 untuk kriteria valid dan 3,6 untuk kriteria tidak valid, selanjutnya produk akan direvisi. Kemudian pada tahap implementasi daya tarik. Uji coba ini dilakukan terhadap 20 siswa SMP 15 Kota Bengkulu. ditentukan sebesar 93% menunjukkan bahwa memenuhi dalam 93,3 persen kasus. Penulis dapat menarik kesimpulan bahwa Lembar Kerja Siswa (LKPD) berbasis nilai-nilai lokal sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dari hasil validasi ahli dan uji coba produk.

Article Details

How to Cite
Ulandari, P., Ariesta, R., & Utomo, P. (2023). Pengembangan (LKPD) Teks Fabel Berbasis Nilai Lokal Untuk Siswa Kelas VII SMP: PENGEMBANGAN (LKPD) TEKS FABEL BERBASIS NILAI LOKAL UNTUK SISWA KELAS VII SMP. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 484–494. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26308

References

  1. Asniati, A. R. (2021). Pengaruh Minat dan Pengetahuan Teori Terhadap Kompetensi Menulis Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 60-73.
  2. Ernawati, Y. (2019). Pengembangan Lembar kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Teks Fabel Berbasis Saintifik untuk Siswa SMP Kelas VIII. Diksa : Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 94-103.
  3. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
  4. Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
  5. Nana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
  6. Sudarmadji, dkk. (2010). Teknik Bercerita. Yogyakarta: PT Kurnia Kalam Semesta.
  7. Sukmadinata. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
  9. Tegeh, I Made, Dkk. ( 2014). Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta.
  10. Zaidan,dkk. 2007. Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.