Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis anekdot dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif learning (tipe round table) siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dan sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menulis anekdot dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif learning (tipe round table). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi pasif. Instrumen penelitian berupa lembar pedoman observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaraan menulis anekdot dengan strategi pembelajaran kooperatif learning menggunakan tipe round table pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu yang dilaksanakan sesuai dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kurikulum 2013, yaitu terdapat 3 tahap pelaksanaan pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, guru memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, menyapa siswa, mengecek kehadiran, memberi motivasi, mengaitkan pembelajaran dengan materi yang akan dipelajari.


Kegiatan inti pelaksanaan pembelajaran menulis anekdot dilaksanakan dengan menggunakan strategi pembelajaran kooperatif learning tipe round table dan menggunakan langkah pembelajaran round table pada saat proses pembelajaran materi menulis anekdot berlangsung yang meliputi 5 (lima) tahap pembelajaran yaitu pembentukan kelompok, siswa berdiskusi, siswa membuat teks anekdot, penyampaian gagasan dan evaluasi. Kegiatan penutup, guru memberikan kesempatan bertannya kepada siswa terkait materi anekdot yang telah dibahas dan mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam dan tidak melakukan refleksi terhadap pembelajaran.

Article Details

How to Cite
oktarisna, nira, Kurniawan, R., & Joko Purwadi, A. (2024). Pembelajaran Menulis Anekdot Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning (Tipe Round Table) Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(3), 402–413. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26320

References

  1. Arviyana,dkk. 2017. Pengaruh Model Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Atmazaki. 2013. Penilaian Alternatif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Padang: UNP Press. Dameyanti. 2018. Peningkatan Kemampuan Menulis Kreatif Puisi dengan Pendekatan Whole Languange dan Media Tiga Dimensi: Jurnal Edukasi Khatulistiwa. Persada.
  3. Floyd, Kory. 2012. Interpersonal Communication. 2nd ed. New York: McGraw-Hill.
  4. Hermawan, Herry. 2012. Mendengarkan Keterampilan Berkomunikasi Yang Terabaikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
  5. Tarigan,Henry Guntur. 2018. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung.Angkasa.