Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan amanat yang terkandung dalam kumpulan cerpen Sepotong Hati Yang Baru.Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik studi pustaka.Teknik ini merupakan teknik yang berkaitan dengan membaca dan mencatat, yang paling utama adalah hal-hal yang saling berhubungan di dalam cerpen. Amanat yang bisa kita temukan yaitu dari cerita Hiks, Kupikir Itu Sungguhan, Kisah Sie Sie, Sepotong Hati Yang Baru, Mimpi-mimpi Sampek-Engtay, Itje Noerbaja & Kang Djalil, Kalau Semua Wanita Jelek, Percayakah Kau Padaku?, Buat Apa Disesali. Tidak ada satu orang pun yang dapat mengobati sakit  hati kecuali keiklasan, maka jadilah orang yang mempunyai sikap tulus dan ikhlas, bukan hanya sekedar baik saja, sebab dalam kebaikan  belum tentu terdapat keiklasan, tetapi apabila orang ikhlas sudah pasti baik.

Article Details

How to Cite
Lestari, D., Chanafiah, Y., & Hiasa, F. (2023). Amanat Pada Kumpulan Cerpen Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye (Kajian Struktural). Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 233–242. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.26479

References

  1. Emzir. dan Saifur Roman. (2015). Teori dan Pengajaran Sastra. Jakarta: Rajawali Pers
  2. Esten, Mursal. (1978). Kesusastraan (Pengantar, Teori, Dan Sejarah). Bandung: Angkasa
  3. Kosasih. ( 2008 ). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
  4. Liye, Tere. (2019). Sepotong Hati Yang Baru.Jakarta: Mahaka Publishing.
  5. Mahendra, Muh. Izhar dan Anggraeni Womal.( tanpa tahun ).Tema Sebagai Unsur Intrinsik Karya Fiksi. Universitas Muslim Indonesia Jurnal.
  6. Nurgiyantoro, Burhan. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:Gadjah Mada University Prees.
  7. Sayuti, Suminto A. (2000). Berkenalan Dengan Prosa Fiksi.Yogyakarta: Gama Media
  8. Sugiyono.(2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung. Alfabeta
  9. Wiyatmi. ( 2008 ). Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
  10. Yolanda, Clara. (2020). Ajaran Budi Pekerti Dalam Kumpulan Sepotong Hati Yang Baru Karya Tere Liye. Skripsi. Bengkulu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.