Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran video animasi Powtoon lingkungan dapat diterapkan pada pembelajaran menulis cerpen siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota . Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan media pembelajaran video animasi dalam pembelajaran menulis cerpen ini membantu siswa dalam kegiatan pembelajaran, Sebelum melakukan proses pembelajaran peneliti melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada guru untuk materi yang akan dibuat agar sesuai dengan proses pembelajaran, setelah melakukan koordinasi dengan guru peneliti baru membuat media pembelajaran video animasi powtoon yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Pembuatan media pembelajaran ini melalui beberapa tahap yaitu tahap konsep awal, praproduksi, produksi, dan pasca produksi. 2) Pada saat proses pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran video siswa mampu menentukan struktur dan aspek kebahasaan dari cerpen “Abercio” yang telah ditayangkan melalui media pembelajaran video animasi powtoon, siswa mampu mamahami materi pembelajaran dengan baik, dapat dilihat ketika siswa mampu membuat sebuah teks cerpen yang mereka buat sendiri dan kemudian mempresentasikannya di depan kelas. Media pembelajaran video animasi powtoon ini layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran namun masih ada media pembelajaran yang lebih baik dan efektif dari powtoon itu sendiri. Karena mengingat masih ada beberapa siswa yang mengatakan bahwa powtoon tidak berpengaruh dalam keterampilan menulis mereka.

Article Details

How to Cite
Silvia, S. A., Joko Purwadi, A., & Gumono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IX.1 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 495–504. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/26480

References

  1. Djuharie, O. Setiawan. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: CV. Yrama Widya.
  2. Mukaromah, Azizah, Much Doyin. 2019. Keefektifan Model Quantum Teaching Dengan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Purwokerto. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia. Volume 8 (2).
  3. Pranoto. (2004). Mengajar Menulis Fiksi untuk Para Guru. Jakarta: Wisma Nugra Sabtana Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
  4. Saekhan Muchit. (2007). Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Ra SAIL Media Group Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung. Alfabeta. Sunandar, Berlian. 2020. Penggunaan Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Pendidikan
  5. Agama Islam Kelas Viii Di Smp Qur’an Nurul Huda Pesawaran. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
  6. Tarigan, H. G. (2015). Pinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: CV Angkasa.
  7. Wiersema, Nico. 2000. How does Collaborative Learning actually work in a classroom and how do students reac to it? A Brief Reflection. http://www.city.londonmet.ac.uk/ Diambil pada 5 Agustus 2018
  8. Wulandari, Yunita Palimbong. 2020. Penerapan Media Video Animasi Dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas XII SMAN 11 Makasar. Fakultas Bahasa Dan Sastra Universitas Negeri Makasar.