Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022 yang berjumlah 137 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel diperoleh berdasarkan data jumlah siswa yang  mengumpulkan angket yang telah mereka isi melalui google formulir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner yang disebarkan melalui google formulir. Angket dikembangkan dari aspek minat baca. Angket terdiri atas 33 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban, yaitu sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Minat baca siswa dinilai dari 3 aspek, yaitu aspek dorongan dari dalam diri individu, motif dan motivasi sosial, dan faktor emosional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022 berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,63. Minat baca siswa berdasarkan aspek dorongan dari dalam diri individu berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 4,27. Minat baca siswa berdasarkan aspek motif dan motivasi sosial berada pada kategori sedang dengan  rata-rata 3,32. Minat baca siswa berdasarkan aspek faktor emosional berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,78.

Article Details

How to Cite
Ulanta Sari, R., Arono, & Ariesta, R. (2023). Minat Baca Siswa MAN 1 Kota Bengkulu: Minat Baca Siswa MAN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 330–336. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.26510

References

  1. Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
  3. Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
  4. Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
  5. Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
  6. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
  7. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
  8. Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  9. Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  10. Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
  11. Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  12. Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
  13. Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
  14. Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
  15. Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
  16. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
  17. Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
  18. Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  19. Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
  20. Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.