Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022 yang berjumlah 137 siswa. Penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel diperoleh berdasarkan data jumlah siswa yang mengumpulkan angket yang telah mereka isi melalui google formulir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner yang disebarkan melalui google formulir. Angket dikembangkan dari aspek minat baca. Angket terdiri atas 33 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban, yaitu sangat setuju, setuju, netral, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Minat baca siswa dinilai dari 3 aspek, yaitu aspek dorongan dari dalam diri individu, motif dan motivasi sosial, dan faktor emosional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca siswa MAN 1 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2022 berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,63. Minat baca siswa berdasarkan aspek dorongan dari dalam diri individu berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 4,27. Minat baca siswa berdasarkan aspek motif dan motivasi sosial berada pada kategori sedang dengan rata-rata 3,32. Minat baca siswa berdasarkan aspek faktor emosional berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 3,78.
Article Details
Copyright (c) 2023 Rika Ulanta Sari, Arono, Ria Ariesta

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
- Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
- Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
- Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
- Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
- Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
- Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
- Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
- Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
- Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
- Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
- Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
- Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
- Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
- Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
References
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Azwar, S. (2021). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dalman. (2013). Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Jakarta: Rajawali pers.
Shaleh, A. R & Muhbib A. W. (2003). Psikologi Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.
Shihab, M. Q. (1996). Wawasan Al-Qur'an: Tafsir Tematik atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan Pustaka.
Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R & D). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Susetyo. (2015). Penelitian Kualitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Trianto, A & Heryani, R. (2021). Literasi 4.0 Teori dan Program. Depok: PT Rajagrafindo Persada.