Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan dari aspek isi, organisasi, diksi, penggunaan bahasa, dan mekanik siswa kelas VIII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2022-2023.Penelitian ini merupakan penelitian metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 1 kelas siswa laki-laki. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk mengetahui kemampuan menulis teks ulasan yaitu berupa tugas membuat teks ulasan dengan lembar penilaian tes kemampuan menulis teks ulasan pada siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes menulis teks ulasan kepada siswa. Tes menulis teks ulasan ini dilakukan untuk mendapatkan informasi atau data mengenai kemampuan menulis teks ulasan siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMPIT IQRA’ Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023 rata-rata dikategorikan baik. Hal ini sesuai dengan skor rata-rata akhir yang diperoleh siswa termasuk dalam kategori cukup yaitu 71,9. Dengan demikian, kemampuan menulis teks ulasan siswa kelas VIII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022 memiliki kemampuan yang baik.
Kata kunci: Kemampuan Menulis , Teks Ulasan, Siswa SMP
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 ayu diah fitri, Padi Utomo, Rio Kurniawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Abbas, Saleh.2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Di Rektorat Ketenagaan.
- Arikunto, Suharsimi, (1991). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
- Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
- Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo
- Darman, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.
- Kemendikbud. (2014). Struktur Teks Ulasan. Jakarta.Jurnal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Mahsun. (2014). Teks. Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Novita, E., Mustofa, A., & Karomani, Karomani, K. (2015). Kemampuan Menulis Teks Ulasan/Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gajah. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya),3(3).
- Nurgiyantoro, Burhan. (1988). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: Bpfe.
- Nurudin. (2010). Dasar-Dasar Penulisan. Ulil Abshar: Umm Press
- Priyanti, Endah Trri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
- Saddhono, Kundharu Dan Slamet St Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori Dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.
- Sari. (2016). Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Pendek Indonesia Masih Subuh Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Sari. (2017). Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.
- Sastiawan, R, Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 160-168.
- Sudjana, Nana Dan Ibrahim. (1989). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.
- Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:
- Tarigan .(2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Referensi
Abbas, Saleh.2006. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif di Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Di Rektorat Ketenagaan.
Arikunto, Suharsimi, (1991). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: Raja Grafindo
Darman, Kaswan. (1996). Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi.
Kemendikbud. (2014). Struktur Teks Ulasan. Jakarta.Jurnal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahsun. (2014). Teks. Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Novita, E., Mustofa, A., & Karomani, Karomani, K. (2015). Kemampuan Menulis Teks Ulasan/Resensi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Gajah. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya),3(3).
Nurgiyantoro, Burhan. (1988). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: Bpfe.
Nurudin. (2010). Dasar-Dasar Penulisan. Ulil Abshar: Umm Press
Priyanti, Endah Trri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Saddhono, Kundharu Dan Slamet St Y. (2012). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori Dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.
Sari. (2016). Kemampuan Menulis Teks Ulasan Film Pendek Indonesia Masih Subuh Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Sari. (2017). Kemampuan Menulis Teks Ulasan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Bengkulu.
Sastiawan, R, Basri, I., & Abdurrahman, A. (2020). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Cerpen dengan Keterampilan Menulis Teks Ulasan Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 160-168.
Sudjana, Nana Dan Ibrahim. (1989). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung:
Tarigan .(2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.