Main Article Content
Abstract
Keterampilan menulis teks prosedur dipelajari di kelas VII dan peneliti ingin membantu guru untuk memetakan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang Lebong. Salah satu potensi siswa adalah kemampuan menulis teks prosedur dari aspek struktur teks prosedur dan siswa juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara umum dan khusus keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong yang berjumlah 341 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, yaitu 15 persen dari populasi atau 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang diberikan kepada siswa untuk menulis teks prosedur. Kemampuan menulis teks prosedur dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur, diksi, penggunaan kalimat, dan mekanik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong dalam menulis teks prosedur adalah 82,63 yang tergolong baik. Hal ini berdasarkan rerata sebesar 82,63 yang juga berarti bahwa siswa memiliki kemampuan menulis teks prosedur yang baik tetapi belum optimal. Hasil penelitian secara khusus bahwa aspek (1) isi termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 25,38, (2) aspek struktur termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 16,99, (3) aspek diksi termasuk dengan kategori baik dengan rata-rata 16,59, (4) aspek penggunaan kalimat termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 16,26, (5) aspek mekanik termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 7,51.
Keywords
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
- Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
- Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi Offset.
- Hatmo Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Lakeisha.
- Purnama Sari, Tania. (2017). Efektif belajar bahasa Indonesia. CV Pustaka Andromedia.
- Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
- Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
- Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.
References
Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi Offset.
Hatmo Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Lakeisha.
Purnama Sari, Tania. (2017). Efektif belajar bahasa Indonesia. CV Pustaka Andromedia.
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.