Main Article Content

Abstract

Keterampilan menulis teks prosedur dipelajari di kelas VII dan peneliti ingin membantu guru untuk memetakan keterampilan menulis siswa kelas VIII SMPN 2 Rejang Lebong. Salah satu potensi siswa adalah kemampuan menulis teks prosedur dari aspek struktur teks prosedur dan siswa juga dilengkapi dengan sarana dan prasarana pendukung sekolah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara umum dan khusus keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong yang berjumlah 341 siswa. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan adalah teknik random sampling, yaitu 15 persen dari populasi atau 50 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes yang diberikan kepada siswa untuk menulis teks prosedur. Kemampuan menulis teks prosedur dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur, diksi, penggunaan kalimat, dan mekanik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik sederhana dengan menghitung nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong dalam menulis teks prosedur adalah 82,63 yang tergolong baik. Hal ini berdasarkan rerata sebesar 82,63 yang juga berarti bahwa siswa memiliki kemampuan menulis teks prosedur yang baik tetapi belum optimal. Hasil penelitian secara khusus bahwa aspek (1) isi termasuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 25,38, (2) aspek struktur termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 16,99, (3) aspek diksi termasuk dengan kategori baik dengan rata-rata 16,59, (4) aspek penggunaan kalimat termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 16,26, (5) aspek mekanik termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 7,51.

Keywords

kemampuan menulis teks prosedur

Article Details

How to Cite
Aldona, D., Ariesta, R., & Utomo, P. (2023). Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Rejang Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 424–430. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.27095

References

  1. Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan.
  2. Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
  3. Dewi, dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi Offset.
  4. Hatmo Kenang Tri. (2021). Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Lakeisha.
  5. Purnama Sari, Tania. (2017). Efektif belajar bahasa Indonesia. CV Pustaka Andromedia.
  6. Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
  7. Susetyo. (2019). Metode Penelitian Pendidikan untuk Mahasiswa Pendidikan Bahasa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
  8. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. CV Angkasa.