Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspek kognitif model Anderson dan Krathwohl pada soal Bahasa Indonesia penilaian akhir semester ganjil 2021/2022 siswa kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Pendeskripsian yang penulis lakukan mendasar pada teori Anderson & Krathwohl. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen soal Bahasa Indonesia penilaian akhir semester ganjil  kelas XI SMA N 5 Kota Bengkulu yang berjumlah 50 butir soal dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi. Hasil analisis menunjukan bahwa kehadiran soal didominasi pada level 1 LOTS sebanyak 40% yang meliputi aspek kognitif mengingat (C1) sebanyak 18 butir soal dan memahami (C2) sebanyak 2 butir soal, sedangkan pada level 2 MOTS sebanyak 28%  yang meliputi aspek kognitif menerapkan (C3) sebanyak 14 butir soal. Jumlah ini tentunya lebih banyak dari pada soal-soal yang mengukur soal level 3 HOTS yang hanya ada pada presentase 22% yang meliputi aspek kognitif menganalisis (C4) sebanyak 7 butir soal, mengevaluasi (C5) sebanyak 3 butir soal, dan mencipta (C6) sebanyak 1 butir soal.

Keywords

analysis questions Indonesian language cognitive aspects Analisis soal bahasa indonesia aspek kognitif

Article Details

How to Cite
Saputra, M. A., Yulistio, D., & Kurniawan , R. (2024). Analisis Soal Bahasa Indonesia Penilaian Akhir Semester Ganjil 2021/2022 Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Kota Bengkulu Ditinjau Dari Aspek Kognitif Model Anderson Dan Krathwohl. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(3), 454–465. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/27396

References

  1. Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. (2001) A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing; A Revision of Bloom’s Taxonomy of Education Objectives. New York: Addison Wesley Lonman Inc.
  2. Anderson, L. W. and Krathwohl, D. R. (2015) Pembelajaran, pengajaran dan asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  3. Arifin, Z. (2011) Penelitian pendidikan : Metode dan paradigma baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  4. Arikunto, S. (2009) Dasar-dasar evaluasi pendidikan. 10th edn. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Djajasudarma, F. (1993) Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: PT Eresco.
  6. Haryanti, P. dkk (2018) ‘Identifikasi Soal UTS Bahasa Indonesia Kelas VII Ditinjau Dari Taksonomi Bloom Revisi’, pp. 267–273.
  7. Oviyanti, D. (2016) ‘Analisis Butir Soal Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Tanjungpinang Kelas X Semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016.’, (August).
  8. Permendikbud. No 23 tahun (2016) ‘Standar Penilaian Pendidikan’.
  9. Permendikbud No.66 (2013) ‘Permendikbud No 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan’, 2011, pp. 1–6.
  10. Pusat Penilaian Pendidikan (2017) Panduan penulisan soal 2017. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.
  11. Puspendik Kemdikbud (2019) Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
  12. Sani, R. A. (2016) Penilaian Autentik. Edited by R. D. Aningtyas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  13. Sudjana, N. (2019) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. 9th edn. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  14. Sugiyono (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 26th edn. Bandung: Alfabeta.