Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota. Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan kegiatan memberikan selebaran pertanyaan seputaran Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning, dan sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 4 kota Bengkulu dan 31 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan rekaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sesuai dengan tahapan dan proses pembelajaran metode discovery learning yakni (1) Peserta didik dapat aktif dan berinteraksi baik dengan guru selama pemberian stimulus pembelajaran menulis teks cerpen, (2) Peserta didik mengidentifikasi pembelajaran dengan menentukan aspek kebahasaan dari teks cerpen, (3) Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara bergantian dengan pengetahuan yang dimilikinya, (4) Peserta didik menulis cerpen yang ditulis secara berkelompok pada tahap mengolah data yang menghasilkan cerpen karangan berkelompok, (5) Pada tahap membuktikan peserta didik membacakan hasil penulisan cerpen kelompok masing-masing. Secara umum pembelajaran menulis teks cerpen dengan discovery learning pada siswa IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu membuat siswa lebih aktif berpikir dan berani untuk menjawab hal-hal yang meliputi seluruh rangkaian pembelajaran menulis teks cerpen dimulai.

Keywords

Learning, Short Story Text, Discovery Learning Pembelajaran, Teks Cerpen, Discovery Learning

Article Details

How to Cite
Sahara Siregar, E., Wulandari, C., & Arono. (2023). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning Di SMP Negeri 4 Kota Bengkulu: Pembelajaran menulis teks cerpen menggunakana metode discovery learning pada siswa SMP NEGERI 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 253–268. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.27398

References

  1. Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
  2. Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik.
  3. Arif S. Sadiman, dkk. (1986). Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali.
  4. Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
  5. Kodir, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Sintifik Kurikulum 2013.
  6. Muhibin, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  7. Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
  8. Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Yrama Widya.
  9. Rosarina, Gina, dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1.
  10. Sanaky, A. . H. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
  11. Soenardji. (1998). Asas-Asas Menulis. IKIP Semarang Press.
  12. Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
  13. Thahar, H. E. (2008). Kiat Menulis Cerita Pendek. Angkasa.
  14. Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Rineka.
  15. Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Ghalia Indonesia.