Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning pada Siswa Kelas IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 4 Kota. Data yang didapat dalam penelitian ini berupa data yang didapat dengan kegiatan memberikan selebaran pertanyaan seputaran Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Menggunakan Metode Discovery Learning, dan sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu, guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 4 kota Bengkulu dan 31 siswa kelas IX.1 SMP Negeri 4 kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan rekaman. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pembelajaran menulis teks cerpen pada siswa IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu sesuai dengan tahapan dan proses pembelajaran metode discovery learning yakni (1) Peserta didik dapat aktif dan berinteraksi baik dengan guru selama pemberian stimulus pembelajaran menulis teks cerpen, (2) Peserta didik mengidentifikasi pembelajaran dengan menentukan aspek kebahasaan dari teks cerpen, (3) Peserta didik menjawab pertanyaan guru secara bergantian dengan pengetahuan yang dimilikinya, (4) Peserta didik menulis cerpen yang ditulis secara berkelompok pada tahap mengolah data yang menghasilkan cerpen karangan berkelompok, (5) Pada tahap membuktikan peserta didik membacakan hasil penulisan cerpen kelompok masing-masing. Secara umum pembelajaran menulis teks cerpen dengan discovery learning pada siswa IX.2 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu membuat siswa lebih aktif berpikir dan berani untuk menjawab hal-hal yang meliputi seluruh rangkaian pembelajaran menulis teks cerpen dimulai.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Ella Sahara Siregar Siregar, Catur Wulandari, Arono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
- Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik.
- Arif S. Sadiman, dkk. (1986). Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali.
- Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
- Kodir, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Sintifik Kurikulum 2013.
- Muhibin, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
- Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Yrama Widya.
- Rosarina, Gina, dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1.
- Sanaky, A. . H. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
- Soenardji. (1998). Asas-Asas Menulis. IKIP Semarang Press.
- Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
- Thahar, H. E. (2008). Kiat Menulis Cerita Pendek. Angkasa.
- Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Rineka.
- Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Ghalia Indonesia.
References
Abidin. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Refika Aditama.
Aeni, E. S., & Lestari, R. D. (2018). Penerapan Metode Mengikat Makna dalam Pembelajaran Menulis Cerpen pada Mahasiswa IKIP Siliwangi Bandung. Sematik.
Arif S. Sadiman, dkk. (1986). Media Pendidikan, pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Rajawali.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Ghalia Indonesia.
Kodir, M. (2018). Manajemen Pembelajaran Sintifik Kurikulum 2013.
Muhibin, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Kurikulum 2013. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurgiyantoro, B. (2009). Teori Pengkajian Fiksi. UGM Press.
Nurhayati, E. (2019). Cipta kreatif karya sastra. Yrama Widya.
Rosarina, Gina, dkk. (2016). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Wujud Benda. Jurnal Pena Ilmiah, 1.
Sanaky, A. . H. (2009). Media Pembelajaran. Safiria Insania Press.
Soenardji. (1998). Asas-Asas Menulis. IKIP Semarang Press.
Tarigan, H. G. (2013). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa.
Thahar, H. E. (2008). Kiat Menulis Cerita Pendek. Angkasa.
Warsita, B. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan &Aplikasinya. Rineka.
Yunus, S. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif. Ghalia Indonesia.