Main Article Content

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks eksposisi pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa proses pelaksanaan pembelajaran, sumber data yaitu guru dan siswa kelas X Bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan yang didukung dengan rekaman video. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, transkrip data, klasifikasi data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca teks eksposisi pada siswa kelas X Bahasa SMAN 4 Kota Bengkulu dilaksanakan berdasarkan tahap pelaksanaan yang mencakup tiga kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran dibuka dengan salam, mengecek kehadiran, dan mengondisikan kelas. Inti pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery learning. Pertemuan pertama dan kedua guru membentuk kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi sedangkan pertemuan ketiga dan keempat guru menjelaskan materi secara runtut dan membimbing siswa untuk membuat teks eksposisi. Pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan RPP pada bagian inti yaitu, pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Kegiatan pembelajaran hanya ditutup dengan kesimpulan, apresiasi, dan salam sehingga melewatkan dua bagian yaitu merefleksi pencapaian dan berdoa.

Keywords

Implementation of Learning Read Exposition Text pelaksanaan pembelajaran membaca teks eksposisi

Article Details

How to Cite
Putri, R. K. . (2024). Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 522–331. https://doi.org/10.33369/jik.v7i3.27399

References

  1. Arifin, Z. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  2. Djamarah, dkk. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
  3. Gafur, A. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perancanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
  4. Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
  5. Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
  6. Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
  7. Majid, A. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
  8. Rusman. 2011. Model-model Pembelajran: Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Rajawali Pers.
  9. Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
  10. Setiarini, I.W. 2013. Cakap Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan.
  11. Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru.
  12. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
  13. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  14. Sukmadinata, N.S. 2002. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
  15. Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.