Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca teks eksposisi pada siswa kelas X Bahasa SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini berupa proses pelaksanaan pembelajaran, sumber data yaitu guru dan siswa kelas X Bahasa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi atau pengamatan. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar pengamatan yang didukung dengan rekaman video. Teknik analisis data yang digunakan terdiri atas pengumpulan data, transkrip data, klasifikasi data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa membaca teks eksposisi pada siswa kelas X Bahasa SMAN 4 Kota Bengkulu dilaksanakan berdasarkan tahap pelaksanaan yang mencakup tiga kegiatan yaitu, kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Kegiatan pembelajaran dibuka dengan salam, mengecek kehadiran, dan mengondisikan kelas. Inti pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik dan model pembelajaran yang digunakan yaitu discovery learning. Pertemuan pertama dan kedua guru membentuk kelompok siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi sedangkan pertemuan ketiga dan keempat guru menjelaskan materi secara runtut dan membimbing siswa untuk membuat teks eksposisi. Pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan RPP pada bagian inti yaitu, pemberian stimulus, identifikasi masalah, pengumpulan data, pembuktian, dan menarik kesimpulan. Kegiatan pembelajaran hanya ditutup dengan kesimpulan, apresiasi, dan salam sehingga melewatkan dua bagian yaitu merefleksi pencapaian dan berdoa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Reda Kunia Putri, Muhammad Arifin, Catur Wulandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abdul M. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
- Aqib, Z. 2013 Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widy.
- Djamarah dan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
- Gafur, A. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
- Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
- Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia,.
- Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Nopriani, H. 2019. "Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pagaralam".
- Pagaralam: Prociding Sembadra Universitas Sriwijaya. Hal 97-103.
- Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
- Setiarini, I.W. 2013. Cakap Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan.
- Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
- Bandung: Alfabeta
- Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
References
Abdul M. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Aqib, Z. 2013 Model-model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widy.
Djamarah dan Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Gafur, A. 2012. Desain Pembelajaran: Konsep, model, dan aplikasinya dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Ombak.
Hamalik, O. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia,.
Keraf, G. 1981. Eksposisi dan Deskripsi. Jakarta: Nusa Indah.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nopriani, H. 2019. "Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMA Pagaralam".
Pagaralam: Prociding Sembadra Universitas Sriwijaya. Hal 97-103.
Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.
Setiarini, I.W. 2013. Cakap Berbahasa Indonesia untuk Kelas X SMA. Perpustakaan Nasional: Katalog dalam terbitan.
Sudjana, N. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru. Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pers.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta
Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.