Main Article Content

Abstract

Matakuliah Arts and Ethics dilaksanakan pada setiap semester genap untuk mahasiswa di semester enam sebagai matakuliah pilihan yang berjumlah 2 SKS. Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya belajar mahasiswa . Analisis gaya belajar mahasiswa diharapkan dapat menunjang pembelajaran pada mata kuliah arts and ethics termasuk dalam pengembangan lembar kerja mahasiswa. Sebanyak 27 orang mahasiswa semester enam terlibat dalam penelitian mengenai gaya belajar terhadap strategi pembelajaran diferensiasi pada mata kuliah arts and ethics. Desain penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini.  Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk menemukan gaya belajar mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa pada pembelajaran mata kuliah Arts and Ethics

Article Details

How to Cite
Saragih, A., Wulandari, A., & Rizky, D. (2023). Gaya Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Arts And Ethics. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 219–224. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.28800

References

  1. Arikunto, S dan Safruddin, C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis
  2. Arikunto, S. 2013.Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta. Rineka cipta.
  3. Abidin, Z. dan Purbawanto, S. 2016. Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire. Jurnal Unnes, 1 (4).
  4. Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.
  5. Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press.
  6. Iskandar, Dedi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1.2 . 123-140.
  7. Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendekia Bagi Pendidikan.
  8. Prewiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
  9. Sari, Septiana. D, and Wulanda, M.N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6, no.1. 20-33.
  10. Simamora, T. (2023). Pengaruh Profesionalisme Auditor dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (studi empiris kap di Jakarta Timur).
  11. Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Press.
  12. Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
  13. Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta. Kencana.
  14. Wandari, Ayu, Kamid, dan Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 2 . 47-55.