Main Article Content
Abstract
Matakuliah Arts and Ethics dilaksanakan pada setiap semester genap untuk mahasiswa di semester enam sebagai matakuliah pilihan yang berjumlah 2 SKS. Penelitian ini bertujuan menganalisis gaya belajar mahasiswa . Analisis gaya belajar mahasiswa diharapkan dapat menunjang pembelajaran pada mata kuliah arts and ethics termasuk dalam pengembangan lembar kerja mahasiswa. Sebanyak 27 orang mahasiswa semester enam terlibat dalam penelitian mengenai gaya belajar terhadap strategi pembelajaran diferensiasi pada mata kuliah arts and ethics. Desain penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang digunakan untuk mengumpulkan data untuk menemukan gaya belajar mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa gaya belajar visual merupakan gaya belajar yang paling dominan digunakan oleh mahasiswa pada pembelajaran mata kuliah Arts and Ethics
Article Details
Copyright (c) 2023 Anggraini Saragih, Ayunda Wulandari, Debby Rizky

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Arikunto, S dan Safruddin, C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis
- Arikunto, S. 2013.Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta. Rineka cipta.
- Abidin, Z. dan Purbawanto, S. 2016. Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire. Jurnal Unnes, 1 (4).
- Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.
- Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press.
- Iskandar, Dedi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1.2 . 123-140.
- Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendekia Bagi Pendidikan.
- Prewiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
- Sari, Septiana. D, and Wulanda, M.N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6, no.1. 20-33.
- Simamora, T. (2023). Pengaruh Profesionalisme Auditor dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (studi empiris kap di Jakarta Timur).
- Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Press.
- Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
- Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta. Kencana.
- Wandari, Ayu, Kamid, dan Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 2 . 47-55.
References
Arikunto, S dan Safruddin, C. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis
Arikunto, S. 2013.Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta. Rineka cipta.
Abidin, Z. dan Purbawanto, S. 2016. Pemahaman Siswa Terhadap Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Livewire. Jurnal Unnes, 1 (4).
Bungin, B. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta. Kencana.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta. Rajawali Press.
Iskandar, Dedi. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI) 1.2 . 123-140.
Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta. Mitra Cendekia Bagi Pendidikan.
Prewiradilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta. Kencana.
Sari, Septiana. D, and Wulanda, M.N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA 6, no.1. 20-33.
Simamora, T. (2023). Pengaruh Profesionalisme Auditor dan Etika Profesi Terhadap Pertimbangan Tingkat Materialitas Dalam Proses Pengauditan Laporan Keuangan (studi empiris kap di Jakarta Timur).
Sudijono, A. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta. Rajawali Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.
Trianto. 2011. Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta. Kencana.
Wandari, Ayu, Kamid, dan Maison. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya Jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1, no. 2 . 47-55.