Main Article Content
Abstract
Sebagai mahasiswa perlu adanya penguatan dan kemampuan menulis karya ilmiah guna berlatih membuat artikel ilmiah sebagai tugas tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa menyusun sistematika penulisan, kemampuan menulis isi artikel ilmiah serta kesulitan mahasiswa dalam publikasi dan penulisan artikel ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara dan tes hasil tulisan artikel ilmiah mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari kemampuan menyusun sistematika artikel ilmiah sebanyak 30 mahasiswa atau 80% dikategorikan dapat menulis sistematika artikel ilmiah namun 5 mahasiswa atau 14% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah pada penulisan judul, abstrak, metode penelitian, kesimpulan dan daftar pustaka mahasiswa lebih dari 75% mampu menulis. Namun pada penulisan pendahuluan, hasil penelitian dan pembahasan, mahasiswa masih perlu bimbingan dikarenakan kurang dari 75% yang dapat menulis dengan baik.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Fatin Nadifa Tarigan, Alwi Fahruzy Nasution Fahruzy Nasution, Siti Aminah Hasibuan Aminah Hasibuan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 278-284.
- Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.
- Miles,M.B., Huberman, A.M. &Saldana, J. (2014).Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). CA: Sage.
- Mujianto, M., Zubaidi, Z., & YM, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). FKIP e-PROCEEDING, 177-186.
- Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis di kalangan mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20.
- Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di STIKOM Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 17(1), 159-171
- Saudah, S., Putranti, B. E., Ambawani, S., & Nurnawati, E. K. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Skripsi Mahasiswa Institut Sains Dan Teknologi ‘Akprind’sebagai Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 4(3), 138-147.
- Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469.
References
Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 278-284.
Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.
Miles,M.B., Huberman, A.M. &Saldana, J. (2014).Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). CA: Sage.
Mujianto, M., Zubaidi, Z., & YM, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). FKIP e-PROCEEDING, 177-186.
Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis di kalangan mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20.
Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di STIKOM Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 17(1), 159-171
Saudah, S., Putranti, B. E., Ambawani, S., & Nurnawati, E. K. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Skripsi Mahasiswa Institut Sains Dan Teknologi ‘Akprind’sebagai Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 4(3), 138-147.
Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469.