Main Article Content

Abstract

Sebagai mahasiswa perlu adanya penguatan dan kemampuan menulis karya ilmiah guna  berlatih membuat artikel ilmiah sebagai tugas tingkat akhir. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa menyusun sistematika penulisan, kemampuan menulis isi artikel ilmiah serta kesulitan mahasiswa dalam publikasi dan penulisan artikel ilmiah. Pendekatan penelitian adalah kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara dan tes hasil tulisan artikel ilmiah mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan dari kemampuan menyusun sistematika artikel ilmiah sebanyak 30 mahasiswa atau 80% dikategorikan dapat menulis sistematika artikel ilmiah namun 5 mahasiswa atau 14% dikategorikan perlu bimbingan. Kedua, berdasarkan kemampuan mahasiswa dalam menulis isi artikel ilmiah pada penulisan judul, abstrak, metode penelitian, kesimpulan dan daftar pustaka mahasiswa lebih dari 75% mampu menulis. Namun pada penulisan pendahuluan, hasil penelitian dan pembahasan, mahasiswa masih perlu bimbingan dikarenakan kurang dari  75% yang dapat menulis dengan baik.

Keywords

ability difficulty writing publication scientific articles kemampuan kesulitan penulisan publikasi artikel ilmiah

Article Details

Author Biography

Fatin Nadifa Tarigan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

English Education Study Program

How to Cite
Tarigan, F. N., Fahruzy Nasution, A., & Aminah Hasibuan , S. (2023). Literasi Data : Kemampuan Dan Kesulitan Mahasiswa Dalam Penulisan Dan Publikasi Artikel Jurnal Ilmiah. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 212–218. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.29231

References

  1. Hasibuan, S. A., & Tarigan, F. N. (2022). Kemampuan Menulis Teks Argumentasi Mahasiswa dengan Metode WH-Questions. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 278-284.
  2. Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47-55.
  3. Miles,M.B., Huberman, A.M. &Saldana, J. (2014).Qualitative data analysis: a methods sourcebook (3rd ed.). CA: Sage.
  4. Mujianto, M., Zubaidi, Z., & YM, Y. S. (2017). Peningkatan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Program Jaringan Telekomunikasi Digital (JTD) Melalui Problem Based Learning (PBL). FKIP e-PROCEEDING, 177-186.
  5. Persadha, D. A. K. (2016). Studi kompetensi kemampuan menulis di kalangan mahasiswa. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 6(1), 1-20.
  6. Sarmadan. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Karya Ilmiah dalam Pengajaran Bahasa Indonesia di STIKOM Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, Vol. 17(1), 159-171
  7. Saudah, S., Putranti, B. E., Ambawani, S., & Nurnawati, E. K. (2022). Analisis Kesalahan Ejaan Dalam Skripsi Mahasiswa Institut Sains Dan Teknologi ‘Akprind’sebagai Pengayaan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Multazam, 4(3), 138-147.
  8. Sugihastuti dan Siti Saudah. 2016. Buku Ajar Bahasa Indonesia Akademik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  9. Yanti, G., Zainuri, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469.