Main Article Content
Abstract
Penggunaan metode ini berpengaruh positif bagi siswa. Siswa belajar berkelompok bersama dan juga bisa berkomunikasi dalam kelompok untuk memberikan kontribusi atau bahkan mengungkapkan pendapatnya dalam kerja sama kelompok, kemudian siswa juga dapat meningkatkan kehidupan sosialnya melalui fase belajar kelompok tersebut karena mereka bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman-temannya dalam kelompoknya, dan dapat menumbuhkan karakter, sikap, dan perilaku yang baik. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan metode ini dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian preeksperiimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII-A dan sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII-A. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis dengan rumus uji t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil 2-tailed 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan metode ini berpengaruh bagi siswa.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Dede Wanuddin, Gumono, Suryadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakater. Bandung. PT Refika Aditama.
- Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
- Halimah, A. (2018). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis di SD/MI. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 36, 1–5.
- Isjoni. (2019). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komuniaksi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar.
- Keraf. (2007). Argumentasi dan narasi. Jakarta. Granedia Pustaka Utama.
- Kessler. (1992). Cooperative Language Learning. New Jersy. Englewood Cliffs.
- Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT RajaGrafindo Persada.
- Marhayanti, A. (2018). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Khatulistiwa: Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.24830
- Nurdin, & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.
- Ramadhania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks dalam Buku Teks Kurikulum. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372
- Rusyana. (2009). bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan. Diponegoro.
- Setiawati, I. (2020). Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar. 3(2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah%0AAccepted:
- Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ Media.
- Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
- Slavin, & E, R. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.
- Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Syarif, Zulkarnain, & Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Departemen Pendidikan Nasional.
- Tarigan, H. G. (2009). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
- Widodo, P. (2021). Metode Kooperatif CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. 7(3), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1333
- Wulandari, P., Maulidah, T., Tifani, M., & Nur, A. (2021). Pengaruh Metode Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI. 4(1), 47–57. https://jiped.org/index.php/JSP.
References
Abidin. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakater. Bandung. PT Refika Aditama.
Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Halimah, A. (2018). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis di SD/MI. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 36, 1–5.
Isjoni. (2019). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komuniaksi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar.
Keraf. (2007). Argumentasi dan narasi. Jakarta. Granedia Pustaka Utama.
Kessler. (1992). Cooperative Language Learning. New Jersy. Englewood Cliffs.
Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT RajaGrafindo Persada.
Marhayanti, A. (2018). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Khatulistiwa: Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.24830
Nurdin, & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.
Ramadhania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks dalam Buku Teks Kurikulum. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372
Rusyana. (2009). bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan. Diponegoro.
Setiawati, I. (2020). Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar. 3(2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah%0AAccepted:
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ Media.
Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
Slavin, & E, R. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.
Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Syarif, Zulkarnain, & Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Departemen Pendidikan Nasional.
Tarigan, H. G. (2009). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
Widodo, P. (2021). Metode Kooperatif CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. 7(3), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1333
Wulandari, P., Maulidah, T., Tifani, M., & Nur, A. (2021). Pengaruh Metode Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI. 4(1), 47–57. https://jiped.org/index.php/JSP.