Main Article Content

Abstract

Penggunaan metode ini berpengaruh positif bagi siswa. Siswa belajar berkelompok bersama dan juga bisa berkomunikasi dalam kelompok untuk memberikan kontribusi atau bahkan mengungkapkan pendapatnya dalam kerja sama kelompok, kemudian siswa juga dapat meningkatkan kehidupan sosialnya melalui fase belajar kelompok tersebut karena mereka bisa berkomunikasi dan bertukar pikiran dengan teman-temannya dalam kelompoknya, dan dapat menumbuhkan karakter, sikap, dan perilaku yang baik. Tujuan penelitian melihat pengaruh penerapan metode ini dengan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian preeksperiimen. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII-A dan sampel penelitian sebanyak 29 siswa kelas VIII-A. Data penelitian dikumpulkan melalui tes. Teknik analisis dengan rumus uji t-test. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hasil 2-tailed  0,000 lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak. Dengan demikian penggunaan metode ini berpengaruh bagi siswa.

Keywords

Method Students Ability To Write Persuasive Text Metode, Kemampuan Siswa Menulis, Teks Persuasi

Article Details

How to Cite
Wanuddin, D., Gumono, & Suryadi. (2024). Pengaruh Metode Cooperative Integrated Reading And Composition Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kota Bengkulu: The Effect of the Cooperative Integrated Reading And Composition Method on the Ability to Write Persuasive Texts of Class VIII Students of SMP Negeri 10 Bengkulu City. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(1), 150–158. https://doi.org/10.33369/jik.v8i1.29284

References

  1. Abidin. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakater. Bandung. PT Refika Aditama.
  2. Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta. Raja Grafindo Persada.
  3. Halimah, A. (2018). Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Dalam Pembelajaran Membaca Dan Menulis di SD/MI. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, 36, 1–5.
  4. Isjoni. (2019). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komuniaksi Antar Peserta Didik. Pustaka Pelajar.
  5. Keraf. (2007). Argumentasi dan narasi. Jakarta. Granedia Pustaka Utama.
  6. Kessler. (1992). Cooperative Language Learning. New Jersy. Englewood Cliffs.
  7. Mahsun. (2014). Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. PT RajaGrafindo Persada.
  8. Marhayanti, A. (2018). Memproduksi Teks Prosedur Kompleks Menggunakan Media Audio Visual Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Khatulistiwa: Belajar Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1, 9. https://doi.org/https://doi.org/10.26418/ekha.v1i1.24830
  9. Nurdin, & Andriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. RajaGrafindo Persada.
  10. Ramadhania, F. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks dalam Buku Teks Kurikulum. Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(2), 224–236. https://doi.org/https://doi.org/10.33654/sti.v1i2.372
  11. Rusyana. (2009). bahasa dan sastra dalam gamitan pendidikan. Diponegoro.
  12. Setiawati, I. (2020). Implementasi Metode Cooperative Integrated Reading and Composition ( CIRC ) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas V Ilyasa MI Perwanida Kota Blitar. 3(2). https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/dirasah%0AAccepted:
  13. Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. AR-RUZZ Media.
  14. Simbolon, J., Haidir, H., & Daulay, I. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan. Kompetensi, 12(2), 116–121. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
  15. Slavin, & E, R. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Nusa Media.
  16. Sugiyono. (2019). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  17. Syarif, Zulkarnain, & Sumarno. (2009). Pembelajaran Menulis. Departemen Pendidikan Nasional.
  18. Tarigan, H. G. (2009). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.
  19. Widodo, P. (2021). Metode Kooperatif CIRC untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kembali Teks Nonfiksi pada Siswa Sekolah Dasar Kelas VI. 7(3), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1333
  20. Wulandari, P., Maulidah, T., Tifani, M., & Nur, A. (2021). Pengaruh Metode Kooperatif Tipe CIRC Terhadap Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Kelas XI. 4(1), 47–57. https://jiped.org/index.php/JSP.