Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui kemampuan menulis puisi peserta didik yang belajar tidak menggunakan pembelajaran Group Investigation (GI) (2) untuk mengetahui kemampuan menulis puisi peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Patriot Pituruh Purworejo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain True eksperiment dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes yang dikonstruksi teori, dan dianalisa menggunakan program SPSS 25.0 menggunakan rumus uji t yang mengugurkan 3 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis a (ha) yaitu penggunaan model Group Investigation (GI) berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas X SMK Patriot Pituruh Purworejo diterima. Hasil uji t-test yang dilakukan pada program SPSS 25.0 diperoleh nilai t = 4.144 dengan nilai t tabel diketahui adalah 1.681 dan menghasilkan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti penggunaan model Group Investigation (GI) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi. Implikasi penelitian ini adalah rekomendasi bagi guru bahasa Indonesia agar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik.

Article Details

How to Cite
Mediarizki Zyafi Murtidewi, & Susetyo. (2023). Pengaruh Penerapan Model Group Investigation (Gi) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi . Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 202–211. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.29305

References

  1. Alpiyah, S., & Wikanengsih. (2019). Penerapan Metode Inkuri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2678/pdf
  2. Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
  3. Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.
  4. Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 3, 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
  5. Rapono, M., & Wijaya, S. & C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
  6. Sahono, D. S. & B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan jisaw terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. 12(1), 96–105.
  7. Simarmata, J. (2019). Kita Menulis Semua Orang Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.
  8. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
  9. Suhartono, A. indrawan &. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Academia Publication.
  10. Suwarna, D. (2012). Trik Menulis Puisi, Cerpen, resensi Buku, Opini/Esai. Jelajah Nusa.