Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui kemampuan menulis puisi peserta didik yang belajar tidak menggunakan pembelajaran Group Investigation (GI) (2) untuk mengetahui kemampuan menulis puisi peserta didik yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) (3) untuk mengetahui pengaruh penerapan model Group Investigation (GI) terhadap kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMK Patriot Pituruh Purworejo tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain True eksperiment dengan menggunakan desain Pretest-Posttest Only Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 43 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes yang dikonstruksi teori, dan dianalisa menggunakan program SPSS 25.0 menggunakan rumus uji t yang mengugurkan 3 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa hipotesis a (ha) yaitu penggunaan model Group Investigation (GI) berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan menulis peserta didik kelas X SMK Patriot Pituruh Purworejo diterima. Hasil uji t-test yang dilakukan pada program SPSS 25.0 diperoleh nilai t = 4.144 dengan nilai t tabel diketahui adalah 1.681 dan menghasilkan nilai p = 0,000 < 0,05 berarti penggunaan model Group Investigation (GI) berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menulis puisi. Implikasi penelitian ini adalah rekomendasi bagi guru bahasa Indonesia agar menggunakan model pembelajaran Group Investigation dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik.
Article Details
Copyright (c) 2023 Mediarizki Zyafi Murtidewi, Susetyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Alpiyah, S., & Wikanengsih. (2019). Penerapan Metode Inkuri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2678/pdf
- Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
- Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.
- Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 3, 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
- Rapono, M., & Wijaya, S. & C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
- Sahono, D. S. & B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan jisaw terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. 12(1), 96–105.
- Simarmata, J. (2019). Kita Menulis Semua Orang Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
- Suhartono, A. indrawan &. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Academia Publication.
- Suwarna, D. (2012). Trik Menulis Puisi, Cerpen, resensi Buku, Opini/Esai. Jelajah Nusa.
References
Alpiyah, S., & Wikanengsih. (2019). Penerapan Metode Inkuri dalam Pembelajaran Menulis Puisi Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Dan Bahasa, 2(2). https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2678/pdf
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230
Lafamane, F. (2020). Karya ( Puisi , Prosa , Drama ). OSF Preprints, 1–18.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 3, 33–39. http://journal.ummat.ac.id/index.php/historis
Rapono, M., & Wijaya, S. & C. (2019). Urgensi Penyusunan Tes Hasil Belajar: Upaya Menemukan Formulasi Tes Yang Baik dan Benar. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i1.12227
Sahono, D. S. & B. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dan jisaw terhadap Prestasi Belajar Biologi ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa. 12(1), 96–105.
Simarmata, J. (2019). Kita Menulis Semua Orang Bisa Menulis Buku. Yayasan Kita Menulis.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhartono, A. indrawan &. (2021). Group Investigation Konsep dan Implementasi Dalam Pembelajaran. Academia Publication.
Suwarna, D. (2012). Trik Menulis Puisi, Cerpen, resensi Buku, Opini/Esai. Jelajah Nusa.