Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Perbedaan Hasil Belajar Siswa dalam Menulis Teks Puisi dengan Metode Sugima (Sugesti-Imajinasi) pada Kelas X Sman 6 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif memakai desain eksperimen sederhana (Posttest Only Control Group Design). Penelitian ini memilih 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan diberikan posttest. Populasi penelitian ini seluruh peserta didik kelas X IPA di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Sampel yang dipakai yaitu sampling purposive yang sebanyak 68 peserta didik. Teknik pengumpulan data mengambil teknik tes berupa posttest untuk mengukur kemampuan menulis puisi dengan tema ayah. Aspek yang dinilai dalam penulisan puisi siswa adalah ketepatan isi dengan judul, diksi, gaya bahasa, rima dan irama dan amanat. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus Kolmogorov-Smirnov. Hasil penelitian ini bahwa yang pertama penerapan pembelajaran dalam menulis puisi dengan metode sugima (sugesti-imajinasi). kedua kemampuan menulis puisi siswa tidak dengan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 77,24. ketiga kemampuan menulis puisi siswa tidak menggunakan metode sugima (sugesti-imajinasi) berkategori tinggi dengan nilai rata-rata siswa 82,53. keempat terdapat perbedaan hasil menulis puisi siswa berdasarkan hasil uji-t dari pengujian hipotesis tersebut maka diperoleh nilai thitung (6.036) > ttabel (2.0345) yang berada pada daerah penolakan H0.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Mely Puspitasari, Ria Ariesta, Agus Joko Purwadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 72–82. Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V6i2.10406
- Andriani, R., & Utomo, P. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Tema Alam Pada Siswa Kelas X Ipa Di Man 1 Model Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/202. 6.
- Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (Cetakan Pertama). Pt.Remaja Rosdakarya.
- Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Pt. Rajagrafindo Persada.
- Ernanida, R. A. Y. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Vol 2, (101-112).
- Hawa, H., Sahabuddin, C., & Muthmainnah, M. (2020). Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Tinambung. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 370. Https://Doi.Org/10.35329/Jp.V2i2.1419
- Khotimah, A. H., & Kuswandi, D. (N.D.). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa.
- Kusuma, N. L. P. Y., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2019). Apresiasi Sastra Secara Reseptif Terhadap Teks Puisi Siswa Kelas X Mipa 9 Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V8i1.20508
- Kusumaningsih, Dewi., Dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi.
- Luxemburg, J. V. Dkk. (1992). Pengantar Ilmu Sastra (Terjemahan Dick Hartoko). Gramedia.
- Mulyono, S., & Anindyarini, A. (2014). Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Cerpen.
- Nur Amalia, Nur Aini Puspita Sari, & Rida Tania Noviani. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.46244/Metamorfosa.V8i1.333
- Nursyaidah, N. (2019). Metode Sugesti-Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Media Lagu. Forum Paedagogik, 11(1), 89–100. Https://Doi.Org/10.24952/Paedagogik.V11i1.1781
- Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.
- Satata, S., Dkk. (2012). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Mitra Wacana Media.
- Sayuti, S. A. (2002). Berkenalan Dengan Puisi. Gama Media.
- Sugiyono, Prof. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D (Edisi Kedua). Alfabeta.
- Sulfemi, W. B. (2019). The Use Of Audio Visual Media In Value Clarification Technique To Improve Student Learning Outcomes In Social Studies. 20.
- Waluyo, H. J. (1995). Teori Dan Apresiasi Puisi. Erlangga.
- Wjaya, K. A. (N.D.). Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal.
References
Afifah, A., Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2020). Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Kota Bengkulu. Diksa : Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 72–82. Https://Doi.Org/10.33369/Diksa.V6i2.10406
Andriani, R., & Utomo, P. (2022). Kemampuan Menulis Puisi Dengan Tema Alam Pada Siswa Kelas X Ipa Di Man 1 Model Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2020/202. 6.
Arifin, Z. (2011). Penelitian Pendidikan (Cetakan Pertama). Pt.Remaja Rosdakarya.
Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran (Edisi Revisi). Pt. Rajagrafindo Persada.
Ernanida, R. A. Y. (2019). Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Pai. Vol 2, (101-112).
Hawa, H., Sahabuddin, C., & Muthmainnah, M. (2020). Pengaruh Media Movie Maker Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Smk Negeri 1 Tinambung. Journal Peqguruang: Conference Series, 2(2), 370. Https://Doi.Org/10.35329/Jp.V2i2.1419
Khotimah, A. H., & Kuswandi, D. (N.D.). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa.
Kusuma, N. L. P. Y., Gunatama, G., & Sutama, I. M. (2019). Apresiasi Sastra Secara Reseptif Terhadap Teks Puisi Siswa Kelas X Mipa 9 Di Sma Negeri 1 Singaraja. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 8(1). Https://Doi.Org/10.23887/Jjpbs.V8i1.20508
Kusumaningsih, Dewi., Dkk. (2013). Terampil Berbahasa Indonesia. Andi.
Luxemburg, J. V. Dkk. (1992). Pengantar Ilmu Sastra (Terjemahan Dick Hartoko). Gramedia.
Mulyono, S., & Anindyarini, A. (2014). Penggunaan Media Lagu Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Kemampuan Menulis Cerpen.
Nur Amalia, Nur Aini Puspita Sari, & Rida Tania Noviani. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Sugesti Imajinasi Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Negeri 48 Jakarta. Jurnal Metamorfosa, 8(1), 1–12. Https://Doi.Org/10.46244/Metamorfosa.V8i1.333
Nursyaidah, N. (2019). Metode Sugesti-Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Dengan Media Lagu. Forum Paedagogik, 11(1), 89–100. Https://Doi.Org/10.24952/Paedagogik.V11i1.1781
Pradopo, R. D. (2002). Pengkajian Puisi. Gadjah Mada University Press.
Satata, S., Dkk. (2012). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Mitra Wacana Media.
Sayuti, S. A. (2002). Berkenalan Dengan Puisi. Gama Media.
Sugiyono, Prof. D. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif Dan R&D (Edisi Kedua). Alfabeta.
Sulfemi, W. B. (2019). The Use Of Audio Visual Media In Value Clarification Technique To Improve Student Learning Outcomes In Social Studies. 20.
Waluyo, H. J. (1995). Teori Dan Apresiasi Puisi. Erlangga.
Wjaya, K. A. (N.D.). Pembelajaran Seni Tari Dengan Menggunakan Media Audio-Visual Dalam Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sma Negeri 1 Boja Kabupaten Kendal.