Isi Artikel Utama

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk-bentuk propaganda dan mengetahui dampak yang terjadi akibat propaganda yang terdapat pada novel “3” karya Primadonna Angela. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatatif dengan analisis teks berupa kutipan-kutipan kalimat atau paragraf yang berkaitan dengan propaganda dalam novel “3”. Penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutika untuk menganalisis bentuk dan dampak propaganda yang terjadi dalam novel “3” karya Primadonna Angela. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik analisis konten dimana peneliti membaca, menganalisis, dan membuat kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 8 bentuk propaganda pada novel “3” karya Primadonna Angela yaitu, 1) Name calling, 2) Glittering Generalities, 3) Testimonial, 4) Card Stacking, 5) Transfer, 6) Band Wagon technique, 7) Reputable Mouthpiece, dan 8) Using All Form of Persuations. Secara umum propaganda yang terjadi pada novel “3” karya Primadonna Angela adalah propaganda politik yang tujuannya untuk mencapai kedudukan dengan menyudutkan pihak lain (orang Islam). Caranya adalah dengan penggiringan opini dan pembentukan stigma terhadap masyarakat agar propagandanya tersampaikan. Secara umum dampak dari hadirnya propaganda pada novel “3” adalah terkucilnya orang-orang islam sehingga mempersempit ruang lingkup orang-orang Islam tersebut.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Indrayani, V., Amrizal, & Hiasa, F. (2024). Propaganda dalam novel 3 karya primadona angela. Jurnal Korpus, 8(2), 211–218. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/29338

Referensi

  1. Adityawan, Arief S. 2008. Propaganda Pemimpin Politik Indonesia. Jakarta: Pustaka LP3ES Indonesia.
  2. Angela, Primadona. 2015. 3. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
  3. Bleicher, Josef. Tanpa Tahun. Hermeneutika Kontemporer: Hermeneutika sebagai Metode, Filsafat, dan Kritik. Terjemahan oleh Ahmad Norma Permata. 2003. Yogyakarta: Fajar Pustaka Baru.
  4. Faruk. 2005. Pengantar Sosiologi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  5. Hendarto, Heru. 1993. Mengenal Konsep Hegemoni Gramsci; dalam Diskursus Kemasyarakatan dan Kemanusiaan. Jakarta: Gramedia.
  6. Palmer, Richard. E. 2003. Hermeneutika. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.