Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan mengetahui perjuangan Ibu (tokoh Anggun) dalam menghadapi konflik dalam cerita novel Pemeran Utama Hati Mama karya Dewi Safitri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam novel Pemeran Utama Hati Mama karya Dewi Safitri terdapat perjuangan-perjuangan Ibu dan juga terdapat delapan episode yaitu episode perbedaan, perjalanan, percakapan, perkembangan, kekecewaan, kemarahanku, kehancuran, dan keistimewaanmu. Dalam novel Pemeran Utama Hati Mama karya Dewi Safitri terdapat perjuangan-perjuangan Ibu seperti berhenti bekerja, jauh dari suami, merawat Zikri, dan ikhlas dimadu. Dapat disimpulkan dalam novel Pemeran Utama Hati Mama karya Dewi Safitri terdapat delapan episode, satu struktur utuh, dan perjuangan-perjuangan Ibu.


Kata Kunci: Perjuangan Ibu, Pemeran Utama Hati Mama, Struktural.

Article Details

How to Cite
Ulandari, M., Canrhas, A., & Hiasa , F. (2023). Perjuangan Ibu Dalam Novel Pemeran Utama Hati Mama Karya Dewi Safitri (Tinjauan Struktural): PERJUANGAN IBU DALAM NOVEL PEMERAN UTAMA HATI MAMA KARYA DEWI SAFITRI (TINJAUAN STRUKTURAL) . Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 308–317. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.29344

References

  1. Putra, Heddy Shri Ahimsa. 2006. Strukturalisme Levi-Strauss : Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Galang Press.
  2. Sujarweni, W (2014). Metodologi Penelitian: lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
  3. Tyas, W. C., & Al-Ma’ruf, A. I. (2019). Aspek Perjuangan Tokoh Utama Dalam Novel Dia Adalah Kakakku: Kajian Psikologi Sastra Dan Relevansinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
  4. http://eprints.ums.ac.id/77829/12/NASKAH%20PUBLIKASI.pdf
  5. Safitri, D (2019). Pemeran Utama Hati Mama . Surabaya: CV. Pustaka MediaGuru.