Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan dan menjelaskan nilai pendidikan dalam kumpulan Andai-andai Serawai. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dialektik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) membaca dan membuat sinopsis (2) mengkaji ulasan penyusun buku (3) menganalisis nilai pendidikan (4) mengkaji latar belakang sosial dan sejarah, dan (5) menyimpulkan hasil. Terdapat 12 judul cerita yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pada kumpulan Andai-andai Serawai terdapat nilai pendidikan yaitu (1) sikap anak terhadap orang tua (2) sikap orang tua terhadap anak (3) kejujuran (4) kesabaran (5) perbuatan baik. Nilai-nilai pendidikan ini ditunjukan untuk orang tua, anak, dan masyarakat luas. Nilai pendidikan dalam kumpulan Andai-andai Serawai sangat berkaitan dengan kenyataan yang terjadi pada masyarakat Serawai yang menjunjung tinggi sikap sopan santun kepada orang tua, budaya dan adat istiadat.

Keywords

Indonesian language bahan ajar bahasa Indonesia bahasa indonesia

Article Details

How to Cite
Azzahrah, M., Canrhas, A., & Agustina , E. (2023). Nilai Pendidikan Dalam Kumpulan Andai-Andai Serawai. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 445–451. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/29384

References

  1. Adi Susilo, JR. Sutarjo 2014. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter: Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  2. Al Hidayat, Wahyu dkk. 2019. Struktur dan Fungsi Cerita Rakyat Benayuk Versi Desa Sepala Dalung Kabupaten Tana Tidung: Kajian Strukturalisme Naratologi. Samarinda: Universitas Mulawarman.
  3. Dihamri, 2016. Kearifan Lokal Suku Serawai di Kabupaten Bengkulu Selatan . Bengkulu: Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH.
  4. Dardiri, Taufuq Ahmad. 2013. Strukturalisme Genetik: Konsep, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: SUKA-Press.
  5. Endraswara, Suwardi. 2011. Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: PT. Buku Seru.
  6. Esten, Mursal. 1978. Kesusastraan: Pengantar Teori dan Sejarah. Bandung: Angkasa.
  7. Fang, Liaw Yock. 2011. Sejarah Kesusastraan Melayu Klasik. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
  8. Lickona, Thomas. 2012. Mendidik Untuk Membentuk Karakter: Bagaimana Sekolah Dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Tanggung Jawab. Jakarta: PT Bumi Aksara.
  9. Pransiska, Maya. 2021. Andai-andai Serawai. Jawa Barat: Goresan Pena.
  10. Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif. Bndung: Alfabeta.
  11. Sulistyorini, Dwi & Eggy, Fajar E. 2017. Sastra Lisan: Kajian Teori dan Penerapannya dalam Penelitian. Malang: Madani.
  12. Syafira, Ayuni. 2020. Nilai Edukasi Pada Kumpulan Buku Cerita Rakyat Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Universitas Bengkulu.