Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi. Metode yang digunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 13 Kota Bengkulu tahun ajaran 2021/2022. Data dalam penelitian berupa data pengamatan proses pembelajaran menulis teks cerita fantasi dan sumber data pada penelitian ini adalah 1 orang guru bahasa indonesia dan 32 orang siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, merangkum data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dua kali pertemuan dengan alokasi waktu 45 menit, pertemuan pertama siswa menyimak kegiatan pembelajaran membahas tentang unsur intrinsik dan ekstrinsik teks cerita fantasi dan pertemuan kedua siswa mengamati video cerita fantasi. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dengan tiga tahap pembelajaran, kegiatan pendahuluan yaitu menarik perhatian peserta didik dengan mengucapkan salam dan menyapa peserta didik, mengecek kehadiran siswa, memberikan motivasi belajar peserta didik, mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang diajarkan, kegiatan inti dalam pelaksanaan pembelajaran menulis teks cerita fantasi menggunakan pendekatan saintifik yang mempunyai beberapa tahap yaitu mengamati teks cerita fantasi, mengumpulkan informasi dari apa yang diamati, mengelolah informasi berdasarkan tugas yang diberikan guru dan kesimpulan dilaksanakan oleh guru dan siswa, dan bagian penutup yang dilakukan dengan mengucapkan salam.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2023 Zelpia Trixci Diva, Noermanzah, Arono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Amanah, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4863
- Arends, R. I. (2015). Learning to Teach, Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
- Brown. H. Douglas. (2007). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco. Pearson Education, Inc.
- Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
- Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.
- Falah, I. F. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak melalui Flipped Learning. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 141–147. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1439
- Hudaa, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia dengan Simulasi Tes UKBI sebagai Tes Standar Bahasa Indonesia. SALINGKA, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
- Indriani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21273
- Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka.
- Rahmawati, R. R. (2018). Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XII SMK Al Falah Dago Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 115-126. https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2303
- Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
- Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog dalam Terbitan.
- Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
- Sunardi, I. S. (2017). Sumber Belajar Calon Peserta PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan. SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
- Surono, B. (2021). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 164–168. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.604
References
Amanah, A. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1381–1390. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.4863
Arends, R. I. (2015). Learning to Teach, Tenth Edition. New York: McGraw-Hill Education.
Brown. H. Douglas. (2007). Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. San Francisco. Pearson Education, Inc.
Dalman. (2012). Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Rajawali Grafindo Persada.
Falah, I. F. (2021). Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Anak melalui Flipped Learning. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 141–147. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1439
Hudaa, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia dengan Simulasi Tes UKBI sebagai Tes Standar Bahasa Indonesia. SALINGKA, 16(1), 47. https://doi.org/10.26499/salingka.v16i1.229
Indriani, M. S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Penggunaan Video Anak “Malin Kundang.” Jurnal Penelitian dan Pengembangan Sains dan Humaniora, 3(2), 91. https://doi.org/10.23887/jppsh.v3i2.21273
Kodir, A. (2018). Manajemen Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Bandung: CV Pustaka.
Rahmawati, R. R. (2018). Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Menggunakan Model Discovery Learning dan Dampaknya terhadap Peningkatan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas XII SMK Al Falah Dago Bandung. Wistara: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(2), 115-126. https://journal.unpas.ac.id/index.php/wistara/article/view/2303
Rahyubi, H. (2014). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.
Suherli, Suryaman, M., Septiaji, A., & Istiqomah. (2016). Buku Guru Bahasa Indonesia. Jakarta: Katalog dalam Terbitan.
Sukmadinata. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Sunardi, I. S. (2017). Sumber Belajar Calon Peserta PLPG. Kementerian dan Kebudayaan Jendral Guru dan Tenaga Pendidikan. SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Kemendikbud.
Surono, B. (2021). Kemampuan Menulis Cerita Fantasi dengan Menggunakan Media Gambar pada Siswa Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 5(2), 164–168. https://doi.org/10.24036/jpkk.v5i2.604