Main Article Content

Abstract

memperbaiki proses pembelajaran menyimak berita. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan siswa kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu dalam menyimak berita menggunakan media YouTube. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik tes yaitu berupa soal pilihan ganda tentang unsur-unsur berita berupa unsur apa, siapa, di mana, kapan, siapa, dan bagaimana berjumlah 25 soal yang akan diberikan kepada siswa kelas VIII 6 SMPN 4 Kota Bengkulu. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 31 siswa dari jumlah populasi berjumlah 274 siswa. Teknik analisis data dengan cara menilai hasil tes, menetapkan skala keberhasilan, dan menghitung persentase kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur berita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyimak berita melaui media YouTube masuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 90,83.

Article Details

How to Cite
Kemampuan Menyimak Berita melalui Media Youtube pada Siswa Kelas VIII SMPN 4 Kota Bengkulu. (2023). Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(2), 346–353. https://doi.org/10.33369/jik.v7i2.29689

References

    Azzizah, R. N., & Nugraheni, A. S. (2022). Evektifitas Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Paragraf Deskripsi dan Eksposisi Saat Pandemi Covid-19 melalui Aplikasi Youtube. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 6(1), 53. https://doi.org/10.17977/um007v6i12022p53-64

    Fanno, B. G., & Afnita, A. (2019). Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII Smp Negeri 18 Padang. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(2), 39. https://doi.org/10.24036/103912-019883

    Fauzan, A. (2019). Penggunaan Media Youtube dan Sikap Pengguna Media Youtube. Kinesik, 6(3), 247–254. https://doi.org/10.22487/ejk.v6i3.85

    Irmade, O. (2020). Analisis Penggunaan Media Youtube dalam Belajar Mandiri Pendidikan Jasmani Mahasiswa PG-Paud. Awladi : Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 223. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady/article/view/6228

    Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

    Oktaviani, M., & Rasyid, Y. (2019). Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 129. https://doi.org/10.24036/103927-019883

    Putri, W., & Ratna, E. (2020). Korelasi Keterampilan Menyimak Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita. Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(3), 461. https://doi.org/10.24036/108235-019883
    Rediansyah, I. (2020). Manfaat Penggunaan Media Youtube terhadap Perkembangan Anak Sekolah Dasar di Asrama SPN Cisarua Bandung Barat. Comm-Edu (Community Education Journal), 3(3), 315. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/comm-edu/article/view/4355/1898

    Sagala, E., Haidir, H., & Silaen, U. (2019). Pengaruh Model Cooperative Script terhadap Kemampuan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.45

    Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

    Sukmadinata, N, S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

    Sulsilawati, E., & Usman, U. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur. Indonesia: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 1.

    Tarigan, H. G. (2009). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: CV Angkasa.

    Yunus, N. H. (2018). Peningkatan Kemampuan Menyimak Berita dengan Menggunakan Metode Team Product. Pepatudzu : Media Pendidikan dan Sosialiy Kemasyarakatan, 14(1), 74. http://dx.doi.org/10.35329/fkip.v14i1.187