Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas VII berdasarkan capaian pembelajaran fase D pada kurikulum merdeka. Data penelitian ini diambil dari buku teks Bahasa Indonesia kelas VII. Data dianalisis berdasarkan capaian pembelaran (CP) yang ditetapkan melalui nomor surat 008/H/KR/2022. Penelitian ini menggunakan metode kualititaif. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa buku teks Bahasa Indonesia kelas VII yang ada berdasarkan capaian pembelajaran yaitu, pada elemen menyimak 26% kegiatan yang sudah ada. Elemen membaca dan memirsa, 53% kegiatan yang sudah ada berdasarkan CP. Elemen berbicara dan mempresentasikan 63% yang sudah ada di buku teks berdasarkan CP, sedangkan kegiatan menulis dengan persentase paling banyak yaitu 68% yang sudah ada berdasarkan CP yang terdapat pada buku teks kelas VII. Capaian pembelajaran yang belum terpenuhi kemungkinan dipelajari pada kelas VIII dan IX.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Atika Wiwi Utami, Ria Ariesta, Muhammad Arifin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Airasian, W. Peter, dkk. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
- Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82. (https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret/article/view/94). Diakses pada tanggal 5 Maret 2023
- Hadiansah, Deni (2022). Kurikulum merdeka dan paradigma pembelajaran baru. Bandung: Yrama Widya.
- Indonesia, K. K. N. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
- Kemeristekdikti. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
- Kemeristekdikti. (2021). Buku pegangan guru Bahasa indonesia. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
- Kemeristekdikti. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa indonesia fase A- Fase F. Jakarta : Badan standar, Kurikulum dan Asesman Pendidikan.
- Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan Surat Edaran No. 0574/H.H3/SK.02.01/2023
- Keputusan Kepala Badan Standarm Kurikulum, dan Asesmen Pendiidkan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022.
- Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 028/H/Ku/2021
- Khoirurrijal dkk., (2022). Pengambangan kurikulum merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
- Mudzakir, A. S. (2010). Penulisan buku teks yang berkualitas. Pustaka: Bandung.
- Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
- Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 146-151. (http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10843). Diakses pada tanggal 27 Februari.
- Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Remaja Rosdarya.
- Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
- Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
- Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Susilawati, S., & Aisiah, A. (2022). Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran IPS Kelas X Dengan Buku Teks Ips Program Sekolah Penggerak. Jurnal Kronologi, 4(3), 265-277.
- Tarigan, Henry Guntur & Djago Tarigan. 2009. Telaah buku teks Bahasa indonesia. Bandung: Angkasa.
- Utari, Y. L., Deskoni, D., & Koryati, D. (2018). Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Ekonomi Sma Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 155-171.(https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5594). Diakses pada tanggal 8 Februari 2023.
Referensi
Airasian, W. Peter, dkk. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Asri, A. S. (2017). Telaah buku teks pegangan guru dan siswa pada mata pelajaran Bahasa indonesia kelas VII berbasis kurikulum 2013. RETORIKA: Jurnal Ilmu Bahasa, 3(1), 70-82. (https://www.ejournal.warmadewa.ac.id/index.php/jret/article/view/94). Diakses pada tanggal 5 Maret 2023
Hadiansah, Deni (2022). Kurikulum merdeka dan paradigma pembelajaran baru. Bandung: Yrama Widya.
Indonesia, K. K. N. (2015). Paradigma Capaian Pembelajaran. Direktorat Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.
Kemeristekdikti. (2021). Bahasa Indonesia. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemeristekdikti. (2021). Buku pegangan guru Bahasa indonesia. Jakarta Pusat: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.
Kemeristekdikti. (2022). Capaian pembelajaran mata pelajaran Bahasa indonesia fase A- Fase F. Jakarta : Badan standar, Kurikulum dan Asesman Pendidikan.
Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia dengan Surat Edaran No. 0574/H.H3/SK.02.01/2023
Keputusan Kepala Badan Standarm Kurikulum, dan Asesmen Pendiidkan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022.
Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 028/H/Ku/2021
Khoirurrijal dkk., (2022). Pengambangan kurikulum merdeka. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.
Mudzakir, A. S. (2010). Penulisan buku teks yang berkualitas. Pustaka: Bandung.
Mulyati, Y. (2014). Hakikat keterampilan berbahasa. Jakarta: PDF Ut. ac. id hal, 1.
Sari, F. I., Sunendar, D., & Anshori, D. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 146-151. (http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/10843). Diakses pada tanggal 27 Februari.
Sitepu. 2015. Penulisan Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Remaja Rosdarya.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukmadinata, N. S. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Susilawati, S., & Aisiah, A. (2022). Analisis Kesesuaian Capaian Pembelajaran IPS Kelas X Dengan Buku Teks Ips Program Sekolah Penggerak. Jurnal Kronologi, 4(3), 265-277.
Tarigan, Henry Guntur & Djago Tarigan. 2009. Telaah buku teks Bahasa indonesia. Bandung: Angkasa.
Utari, Y. L., Deskoni, D., & Koryati, D. (2018). Pemanfaatan Buku Teks Oleh Guru Ekonomi Sma Negeri Se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 4(2), 155-171.(https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/view/5594). Diakses pada tanggal 8 Februari 2023.