Main Article Content

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui analisis kebutuhan LKS berbasis Picture and Picture   teks   deskripsi   siswa   kelas   VII   SMP.   (2)   Mengetahui   proses pengembangan LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. (3) Mengetahui kelayakan produk LKS berbasis Picture and Picture teks deskripsi  siswa  kelas  VII  SMP.  (4)  Mengetahui  implementasi  LKS  berbasis Picture and Picture teks deskripsi siswa kelas VII SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation), namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap implementasi (implementation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara dan angket, dengan instrumen penelitiannya yaitu Lembar wawancara, Lembar analisis kebutuhan siswa, Lembar validasi ahli materi, dan angket tanggapan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 01 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 31 orang siswa kelas VII.9 untuk uji coba produk yang dikembangkan. Adapun hasil dari penelitian yaitu: (1) Analisis kebutuhan menyatakan bahwa guru membutuhkan bahan ajar dengan model pembelajaran yang dapat membantu guru serta membuat peserta didik aktif saat pembelajaran berlangsung dan peserta didik membutuhkan bahan ajar yang menarik baik dari segi tampilan maupun isi. (2) Pengembangan LKS melalui tahapan perancangan kebutuhan LKS dan kerangka LKS, membuat LKS menggunakan aplikasi canva. (3) Kelayakan LKS di uji oleh ahli materi. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari kedua ahli materi memperoleh presentase keseluruhan dari ahli materi pertama sebesar 77,08%  dengan kategori layak dan ahli materi kedua 81,25% dengan kategori sangat layak. (4) Implementasi penggunaan  LKS  kepada  peserta  didik  berjumlah  31 orang  siswa  dan  respon peserta didik terhadap LKS mendapatkan hasil dengan presentase keseluruhan sebesar 84,9% dengan kategori sangat baik.

Keywords

Pengembangan lks model ADDIE teks deskripsi Picture and Picture

Article Details

How to Cite
Oktafaulia Andini, S., Wulandari, C., & Ariesta, R. (2024). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Teks Deskripsi Berbasis Picture And Picture Pada Siswa Kelas VII Smp. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(1), 159–169. https://doi.org/10.33369/jik.v8i1.30951

References

  1. Handayani, D. F. (2021). Model-Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Teori Dan Aplikasi. Cv. Literasi Nusantara Abadi.
  2. Hendriyani, Y., Jalinus, N., Delianti, V. I., & Mursyida, L. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Media PembelajaranHAN Berbasis Video Tutorial. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 11(2), 85–88. http://tip.ppj.unp.ac.id
  3. Khalim, A. R., & Oktapiani, M. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Akademika, 9(01), 109–126.
  4. Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Pt. Bumi Aksara.
  5. Kusumawati, K., Doyin, M., & Mulyono. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Naskah Drama melalui Media Kartu Gambar dengan Metode Picture and Picture. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 31–36.
  6. Makruf, S. A. (2022). Pengembangan Bahan Ajar. Pt Global Eksekutif Teknologi Redaksi.
  7. Permanasari, D. (2017). Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. Jurnal Pesona, 3(2), 156–162. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080
  8. Prasetyo, E. B., & Cahyaka, H. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Savi Menggunakan Media Maket Pada Mata Pelajaran Menggambar Konstruksi Atap di Kelas XII-TGB 2 SMK Negeri Kudu. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2), 161–167.
  9. Prasetyo, I. (2008). Teknik analisis data dalam research and development. Prawiyogi, A. G., & Syarifudin, A. (2023). Implementasi Model dan Metode dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Indonesia Emas Group.
  10. Puspitasari, H. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Gamping Sleman Tahun Ajaran 2017/2018 Hetti. 1–10.
  11. Rahmadani, E., & Putri, F. A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif Menulis Deskriptive Text Menggunakan Media Wizer dalam Mempromosikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) Untuk Siswa Kelas 8 Di MTSN 2 Medan. Bahasa, 32(1), 27. https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1.25442
  12. Rahmawati, F. P., Pratiwi, D. R., & Kusmanto, H. (2023). Konsep Dasar Bahasa Indonesia Sekolah Dasar. Muhammadiyah University Press.
  13. Saputro, B. (2021). Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manejemen Pendidikan IPA. Academia Publication.
  14. Sari, N. E. (2022). Media Flash Tiga Dimensi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Goresan Pena.
  15. Siregar, S. (2017). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi (Edisi Pert). Kencana.
  16. Sobri. (2018). Menulis Ilmiah. CV. Jakad Publishing.
  17. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta Instrumen.
  18. Surya, C. M., Iskandar, Y. Z., & Marlina, L. (2021). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Dasar Pada Anak Kelompok A Melalui Metode Tebak Gambar. Jurnal Tahsinia, 78–90. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/294
  19. Wardhani, D. (2021). Peningkatan Keterampialan Menyusun Teks Deskripsi Melalui Pembelajaran Dengan Media Mind Map Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 05 Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. CV. Tatakata Grafika.
  20. Widyawati, W. Y. (2019). ( Online ) ISSN 2599-316X Keefektifan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas Wiwik Yully Widyawati Pendidikan Bahasa Inggris , Fakultas Bahasa dan Seni Unindra PGRI Jakarta Abstrak PENDAHULUAN Pada dasa. 2(2), 226–241.
  21. Yuliawati Lely; Aribowo Didik; Hamid, M. A. (2020). JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro) Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Adobe Flash pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Elektromekanik. Jurnal Pendidikan Tenik Elektro, 05(01), 35–42.
  22. Zubainur, C. M., & Bambang. (2017). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Syiah Kuala University Press.