Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan hasil nilai kemampuan menulis teks berita yang dilihat dari isi setiap isi struktur teks berita, isi unsur teks berita, ciri kebahasaan, dan kemampuan menulis teks berita secara keseluruhan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini, pertama penulisan isi setiap struktur teks berita terdapat; 8 orang (12%) kualifikasi sangat mampu, 15 orang (23%) kualifikasi mampu, 31 orang (48%) kualifikasi cukup mampu, 10 orang (15%) kualifikasi kurang mampu, 1 orang (2%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan cukup mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 78.09. Kedua, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari penulisan unsur teks berita terdapat; 62 orang (95%) kualifikasi sangat mampu, 0 orang (0%) kualifikasi mampu, 1 orang (2%) kualifikasi cukup mampu, 2 orang (3%) kualifikasi kurang mampu, 0 orang (0%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa sangat mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 98.46. Ketiga, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari penulisan ciri kebahasaan berita terdapat; 2 orang (3%) memiliki kualifikasi sangat mampu, 0 orang (0%) kualifikasi mampu, 15 orang (23%) kualifikasi cukup mampu, 37 orang (57%) kualifikasi kurang mampu, 11 orang (18%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa kurang mampu dengan nilai rata-rata nilai keseluruhan 62.46. Keempat, kemampuan siswa dalam menulis teks berita dilihat dari keseluruhan penulisan kemampuan menulis berita terdapat; 7 orang (10%) kualifikasi sangat mampu, 19 orang (29%) kualifikasi mampu, 35 orang (54%) kualifikasi cukup mampu, 3 orang (5%) kualifikasi kurang mampu, 1 orang (2%) kualifikasi belum mampu, secara keseluruhan siswa cukup mampu dengan nilai rata- rata nilai keseluruhan 79.67.
Article Details
Copyright (c) 2024 Ida Tri Wahyuni, Taufik Dermawan, Dian Afriani Wahyutami

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Al Mufidah, Nisa’ u Sholikha. 2019. Kemampuan Menulis Teks Ulasan Tentang Film Pendek “PLES” Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Turen. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
- Ariesta, W., Qoyyimah, A. L. N., & Markhamah, M. 2021. Pergeseran bahasa baku: Ragam bahasa elitis dalam akun instagram humor recehku. Diglosia: jurnal kajian bahasa, sastra, dan pengajarannya, 4(3), 259-274. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/159
- Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
- Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Djuraid, Husnun N. 2012. Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
- Distriza, Y., & Arifin, M. 2023. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 41-49. https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24631
- Febriyanti, A. L., Harsiati, T., & Dermawan, T. (2017). Pengembangan instrumen asesmen menulis kreatif cerita fantasi untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1399-1408.
- Fikri, M. 2016. Jurnalisme Kontekstual (Rahasia Menjadi Jurnalis di Era New Media. Malang: Universitas Brawijaya Press.
- Fransisca, N. C. 2020. Analisis Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung Di Kelas Iv Sd Negeri 064986 Medan T. A2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
- Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud
- Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 238-244.
- Lesmana, Fanny. 2017. Feature: Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif. Yogyakarta: C.V Andi Offset
- Madya, Firdausi Hakim. 2023. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Sederhana Menggunakan Video Tutorial Siswa SMP Negeri 3 Singosari Tahun Ajaran 2022/ 2023. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
- Marliana, Lia dan Suharto. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya.
- Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
- Nisa, Nur Alfiah. 2020. Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPIT Insan Permata. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
- Nurhadi. 2017. Handbook of writing: panduan lengkap menulis. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Purwanza, Wahyu Sena., Wardhana, A., dll. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi. Bandung: PT Media Sains Indonesia.
- Purwantara, Aji Wilindra. 2019. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
- Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
- Riskian, N., & Dermawan, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Biografi Berpendekatan Life Base Learning untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 603-615.
- Qorib, Fathul. 2018. Teknik Reportase dan Penulisan Berita. Malang: Intrans Publishing.
- Rosmayanti, N. I., Mahsun, M., & Mahyudi, J. 2020. Penggunaan Kata Kerja Mental Pada Produk Teks Eksposisi Siswa Sma Di Kota Mataram. Jurnal Pe Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 119-130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/31357
- Santana, Septiawan. 2017. Jurnalisme Kontemporer Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
- Setyosari, Punaji. 2020. Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
- Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabet
- Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta
- Sudaryono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers
- Slavin, Robert E. 2018. Educational Psychology. New York: Pearson Educational, Inc.
- Wafi, Abdullah Khairul. 2017. Seri Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Untuk Smk. Yogyakarta. Zahara Pustaka.
- Wirawan. 2016. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standart, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
References
Al Mufidah, Nisa’ u Sholikha. 2019. Kemampuan Menulis Teks Ulasan Tentang Film Pendek “PLES” Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Turen. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
Ariesta, W., Qoyyimah, A. L. N., & Markhamah, M. 2021. Pergeseran bahasa baku: Ragam bahasa elitis dalam akun instagram humor recehku. Diglosia: jurnal kajian bahasa, sastra, dan pengajarannya, 4(3), 259-274. https://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/159
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Darmawan, Deni. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djuraid, Husnun N. 2012. Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah Malang.
Distriza, Y., & Arifin, M. 2023. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(1), 41-49. https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24631
Febriyanti, A. L., Harsiati, T., & Dermawan, T. (2017). Pengembangan instrumen asesmen menulis kreatif cerita fantasi untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(10), 1399-1408.
Fikri, M. 2016. Jurnalisme Kontekstual (Rahasia Menjadi Jurnalis di Era New Media. Malang: Universitas Brawijaya Press.
Fransisca, N. C. 2020. Analisis Kemampuan Siswa Menulis Kalimat Langsung Dan Tidak Langsung Di Kelas Iv Sd Negeri 064986 Medan T. A2019/2020 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS QUALITY).
Kosasih. 2017. Buku Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs Kelas VIII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud
Khoirotunnisa, R. P., Hasanah, M., & Dermawan, T. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Pantun Bermuatan Nilai Budaya dengan Strategi Pohon Kata untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 238-244.
Lesmana, Fanny. 2017. Feature: Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif. Yogyakarta: C.V Andi Offset
Madya, Firdausi Hakim. 2023. Kemampuan Menulis Teks Prosedur Sederhana Menggunakan Video Tutorial Siswa SMP Negeri 3 Singosari Tahun Ajaran 2022/ 2023. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
Marliana, Lia dan Suharto. 2018. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. PT. Remaja Rosdakarya.
Mahsun. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Edisi Kedua. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Nisa, Nur Alfiah. 2020. Kemampuan Menulis Teks Iklan Siswa Kelas VIII SMPIT Insan Permata. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
Nurhadi. 2017. Handbook of writing: panduan lengkap menulis. Jakarta: PT Bumi Aksara
Purwanza, Wahyu Sena., Wardhana, A., dll. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan kombinasi. Bandung: PT Media Sains Indonesia.
Purwantara, Aji Wilindra. 2019. Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wlingi. Skripsi diterbitkan. Malang: FS UM.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Riskian, N., & Dermawan, T. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Biografi Berpendekatan Life Base Learning untuk Siswa Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 603-615.
Qorib, Fathul. 2018. Teknik Reportase dan Penulisan Berita. Malang: Intrans Publishing.
Rosmayanti, N. I., Mahsun, M., & Mahyudi, J. 2020. Penggunaan Kata Kerja Mental Pada Produk Teks Eksposisi Siswa Sma Di Kota Mataram. Jurnal Pe Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 10(2), 119-130. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/31357
Santana, Septiawan. 2017. Jurnalisme Kontemporer Edisi Kedua. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Setyosari, Punaji. 2020. Desain Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabet
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi (mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Sudaryono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Depok: Rajawali Pers
Slavin, Robert E. 2018. Educational Psychology. New York: Pearson Educational, Inc.
Wafi, Abdullah Khairul. 2017. Seri Pendalaman Materi Bahasa Indonesia Untuk Smk. Yogyakarta. Zahara Pustaka.
Wirawan. 2016. Evaluasi Teori, Model, Metodologi, Standart, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada