Main Article Content
Abstract
Komunikasi yang baik didasarkan pada kepercayaan. Kepercayaan dapat meningkatkan keterbukaan, menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dan harmonis. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi santri dan musyrif (pembina asrama) di Pondok Pesantren Al Azhar Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal yang mengkaji hubungan komunikasi sosial antar individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antara santri dan musyrif berupa komunikasi langsung dua arah dan komunikasi tidak langsung tiga arah sebagai komunikasi yang mendominasi. Pola yang terbentuk adalah pola internal, pola intervensi, dan pola jalur otoritas. Pola-pola ini menggunakan varietas yang berbeda, yaitu varietas resmi, ilmiah dan akrab.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Rahmat Hidayat, Hestyana Widya Pangesti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Caropeboka, R. M., & Palembang, U. B. D. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Penerbit Andi.
- Cooper, K. S., & Miness, A. (2014). The Co-Creation of Caring Student-Teacher Relationships: Does Teacher Understanding Matter? The High School Journal, 97(4), 264–290. https://doi.org/10.1353/hsj.2014.0005
- Goodman, M. (1954). The Interpersonal Theory of Psychiatry by Harry Stack Sullivan. International Journal of Group Psychotherapy, 4(2), 223–227. https://doi.org/10.1080/00207284.1954.11508519
- Graham, E. E., Tang, T., & Mahoney, L. M. (2020). Family Matters: A Functional Model of Family Communication Patterns and Political Participation. Communication Studies, 71(2), 262–279. https://doi.org/10.1080/10510974.2020.1726426
- Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284
- Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3710
- Harper, C. E., Kiyama, J. M., & Lee, A. E. (2022). Communication Patterns Between Institutions and the Families of First-Generation College Students: A Multiple Case Study. Journal of First-Generation Student Success, 2(2), 59–76. https://doi.org/10.1080/26906015.2022.2080613
- Hasmawati, F. (2016). Manajemen Dalam Komunikasi. Jurnal Al IDARAH, 5(6), 76–86.
- Nabilla, R. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595
- Oktarina, R., Rahayu, N., & Wardhana, D. E. C. (2023). R Tindak Tutur Ilokusi Asertif Guru Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu: Assertive illocutionary speech acts of teachers in Indonesian subjects at SMPN 15 Bengkulu City. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24637
- Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223
- Safitri, R. M., Andheska, H., & Elfitra, L. (2022). Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari terhadap Kemampuan Literasi Kritis Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 285–296. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.26111
- Strijbos, J., & Engels, N. (2023). Exploring argumentative strategies in student-teacher partnerships: Patterns of deliberative communication. Classroom Discourse, 1–21. https://doi.org/10.1080/19463014.2023.2197120
- Susanti, Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2023). S Jurnal Ilmiah: Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 410–420.
- Yanti, N., Hiasa, F., Aulia, J., & Putri, M. D. (2023). Mempertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya Perkembangan Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/32241
References
Caropeboka, R. M., & Palembang, U. B. D. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Penerbit Andi.
Cooper, K. S., & Miness, A. (2014). The Co-Creation of Caring Student-Teacher Relationships: Does Teacher Understanding Matter? The High School Journal, 97(4), 264–290. https://doi.org/10.1353/hsj.2014.0005
Goodman, M. (1954). The Interpersonal Theory of Psychiatry by Harry Stack Sullivan. International Journal of Group Psychotherapy, 4(2), 223–227. https://doi.org/10.1080/00207284.1954.11508519
Graham, E. E., Tang, T., & Mahoney, L. M. (2020). Family Matters: A Functional Model of Family Communication Patterns and Political Participation. Communication Studies, 71(2), 262–279. https://doi.org/10.1080/10510974.2020.1726426
Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284
Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3710
Harper, C. E., Kiyama, J. M., & Lee, A. E. (2022). Communication Patterns Between Institutions and the Families of First-Generation College Students: A Multiple Case Study. Journal of First-Generation Student Success, 2(2), 59–76. https://doi.org/10.1080/26906015.2022.2080613
Hasmawati, F. (2016). Manajemen Dalam Komunikasi. Jurnal Al IDARAH, 5(6), 76–86.
Nabilla, R. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595
Oktarina, R., Rahayu, N., & Wardhana, D. E. C. (2023). R Tindak Tutur Ilokusi Asertif Guru Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu: Assertive illocutionary speech acts of teachers in Indonesian subjects at SMPN 15 Bengkulu City. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24637
Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223
Safitri, R. M., Andheska, H., & Elfitra, L. (2022). Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari terhadap Kemampuan Literasi Kritis Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 285–296. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.26111
Strijbos, J., & Engels, N. (2023). Exploring argumentative strategies in student-teacher partnerships: Patterns of deliberative communication. Classroom Discourse, 1–21. https://doi.org/10.1080/19463014.2023.2197120
Susanti, Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2023). S Jurnal Ilmiah: Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 410–420.
Yanti, N., Hiasa, F., Aulia, J., & Putri, M. D. (2023). Mempertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya Perkembangan Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/32241