Main Article Content

Abstract

Komunikasi yang baik didasarkan pada kepercayaan. Kepercayaan dapat meningkatkan keterbukaan, menciptakan hubungan komunikasi yang efektif dan harmonis. Penelitian ini berfokus pada pola komunikasi santri dan musyrif (pembina asrama) di Pondok Pesantren Al Azhar Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal yang mengkaji hubungan komunikasi sosial antar individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antara santri dan musyrif berupa komunikasi langsung dua arah dan komunikasi tidak langsung tiga arah sebagai komunikasi yang mendominasi. Pola yang terbentuk adalah pola internal, pola intervensi, dan pola jalur otoritas. Pola-pola ini menggunakan varietas yang berbeda, yaitu varietas resmi, ilmiah dan akrab.

Keywords

Communication Patterns, Students, Al Azhar Yogyakarta Islamic Boarding School Pola Komunikasi, Santri, Al Azhar Yogyakarta Islamic Boarding School

Article Details

How to Cite
Hidayat, R., & Widya Pangesti, H. (2024). Pola Komunikasi Santri Kelas Tujuh Dalam Memercayai Musyrif di Al Azhar Yogyakarta Boarding School. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(1), 13–22. https://doi.org/10.33369/jik.v8i1.34247

References

  1. Caropeboka, R. M., & Palembang, U. B. D. (2017). Konsep dan Aplikasi Ilmu Komunikasi. Penerbit Andi.
  2. Cooper, K. S., & Miness, A. (2014). The Co-Creation of Caring Student-Teacher Relationships: Does Teacher Understanding Matter? The High School Journal, 97(4), 264–290. https://doi.org/10.1353/hsj.2014.0005
  3. Goodman, M. (1954). The Interpersonal Theory of Psychiatry by Harry Stack Sullivan. International Journal of Group Psychotherapy, 4(2), 223–227. https://doi.org/10.1080/00207284.1954.11508519
  4. Graham, E. E., Tang, T., & Mahoney, L. M. (2020). Family Matters: A Functional Model of Family Communication Patterns and Political Participation. Communication Studies, 71(2), 262–279. https://doi.org/10.1080/10510974.2020.1726426
  5. Handika, K. D., Sudarma, I. K., & Murda, I. N. (2019). Analisis Penggunaan Ragam Bahasa Indonesia Siswa dalam Komunikasi Verbal. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(3), 358. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i3.19284
  6. Haomasan, P., & Nofharina, N. (2018). Pengaruh Penggunaan Smartphone Tehadap Pola Komunikasi Interpesonal Siswa Smp Negeri 50 Bandung. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–7. https://doi.org/10.21107/ilkom.v12i1.3710
  7. Harper, C. E., Kiyama, J. M., & Lee, A. E. (2022). Communication Patterns Between Institutions and the Families of First-Generation College Students: A Multiple Case Study. Journal of First-Generation Student Success, 2(2), 59–76. https://doi.org/10.1080/26906015.2022.2080613
  8. Hasmawati, F. (2016). Manajemen Dalam Komunikasi. Jurnal Al IDARAH, 5(6), 76–86.
  9. Nabilla, R. (2020). WhatsApp Grup Sebagai Media Komunikasi Kuliah Online. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(2), 193–202. https://doi.org/10.30596/interaksi.v4i2.4595
  10. Oktarina, R., Rahayu, N., & Wardhana, D. E. C. (2023). R Tindak Tutur Ilokusi Asertif Guru Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu: Assertive illocutionary speech acts of teachers in Indonesian subjects at SMPN 15 Bengkulu City. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/24637
  11. Pabundu, D. D., & Ramadhana, M. R. (2023). Pola Komunikasi Keluarga dengan Pembentukan Kemandirian Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4624–4646. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5223
  12. Safitri, R. M., Andheska, H., & Elfitra, L. (2022). Penggunaan Bahan Ajar Bermuatan Kearifan Lokal Melayu Bahari terhadap Kemampuan Literasi Kritis Siswa Kelas X Sekolah Menengah Atas. Jurnal Ilmiah KORPUS, 6(3), 285–296. https://doi.org/10.33369/jik.v6i3.26111
  13. Strijbos, J., & Engels, N. (2023). Exploring argumentative strategies in student-teacher partnerships: Patterns of deliberative communication. Classroom Discourse, 1–21. https://doi.org/10.1080/19463014.2023.2197120
  14. Susanti, Yulistio, D., & Kurniawan, R. (2023). S Jurnal Ilmiah: Korelasi Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas IX SMPN 17 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3), 410–420.
  15. Yanti, N., Hiasa, F., Aulia, J., & Putri, M. D. (2023). Mempertahankan Eksistensi Bahasa Indonesia Di Tengah Maraknya Perkembangan Bahasa Gaul Di Kalangan Mahasiswa. Jurnal Ilmiah KORPUS, 7(3). https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/32241