Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) di perguruan tinggi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode perbandingan.  Sampel penelitian adalah sampel total, yaitu semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika  yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK  sebanyak 20 orang dan semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneasia yang mengambil  Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan instrumen yang digunakan adalah soal-soal yang mencakup bahan kajian Bahasa Indonesia MKWK. Teknik analisis data menggunakan rumus perbandingan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada  mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok sebesar 85,40, tergolong sangat baik  dan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan ketode pemberian tugas  sebesar 68,43, tergolong cukup. Berdasarkan uji T-Test dapat disimpulkan bahwa  terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar  Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok  dan  hasil belajar Bahasa Indonesia berbasis Merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan metode pembelian tugas.

Keywords

Learning Outcomes Indonesian Independent Learning Discussion Method Method Assignment Hasil Belajar Bahasa Indonesia Merdeka Belajar Metode Diskusi Metode Pemberian Tugas

Article Details

How to Cite
Susetyo, Wahyuni, P., & Jamilah, F. (2024). Perbedaan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Berbasis Merdeka Belajar antara Mahasiswa yang Belajar dengan Metode Diskusi Kelompok dan Metode Pemberian Tugas. Jurnal Ilmiah KORPUS, 8(1), 63–76. https://doi.org/10.33369/jik.v8i1.34882

References

  1. Hasibuan, Ardina Khoirunnisa, dkk. (2022). “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar
  2. Bahasa Indoensia Siswa MTs Madrasah Al –Hikmah Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu.” Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1No 8 Juni 2022 p. 1005.
  3. Heryati, Yeti. (2015). “Model Program dan Pelaksanaan Perkuliahan MKU Bahasa Indonesia
  4. (Studi Deskriptif-Analitis terhadap Program dan Pelaksanaan Perkuliaham MKU Bahasa Indonesia di Fakultas Sain dan Teknologi.” Edisi Juni 2015 Volume IX No. 1. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
  5. Iqbal, Muhamad.MGA. (2015). “Pengaruh Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Hasil Belajar
  6. Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SMP Kelas VIII Parakan tangsel 2014/2015.“ Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
  7. Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
  8. Republik Indonesian Nomor: 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Matakuliah Wajib (MKWK) pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.
  9. Mangun Budiyanto dan Syamsul Kurniawan. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran
  10. Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, p. 85-86.
  11. Nyoto, Amat dan Made Wena. (2012) Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Malang:
  12. Panitia Sertifikasi Guru (Psg) Rayon 115
  13. Panjaitan, Riama Yanti.dkk. (2022). “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam
  14. Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 2 | Nomor 2 | November 2022 p. 153
  15. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional
  16. Pendidikan.
  17. Ratnadi, Ni Ketut Sri .(2019). “Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi
  18. Belajar Ipa Siswa.”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia, Volume 9 Nomor
  19. , p.158.
  20. Ramliyana, Randi dan Vickry Ramdhan. (2022). “Rancangan Pembelajaran Berbasis Proyek
  21. Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia pada Universitas Indraprasta PGRI.” KIBAR 2022, 27 Oktober, Jakarta, Indonesia.
  22. Srirahayu, Lili. (2023). “Pengaruh Metode Diskusi kelompok Terhadap Hasil Belajar Peserta
  23. Didik Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Tulang Bawang Tengah.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  24. Sudiyono (2020).Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa
  25. Indonesia, Indramayu: Adanu Abimata, p. 12-13.
  26. Sumiati dan Asra (2019). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, p. 142.
  27. Susetyo . (2023). Metode Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. Purwodadi-Grobogan Jawa
  28. Tengah: Sarnu Untung.
  29. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
  30. .