Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar Bahasa Indonesia sebagai mata kuliah wajib kurikulum (MKWK) di perguruan tinggi antara mahasiswa yang belajar dengan menggunakan metode diskusi kelompok dan metode pemberian tugas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode perbandingan. Sampel penelitian adalah sampel total, yaitu semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK sebanyak 20 orang dan semua mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indoneasia yang mengambil Mata Kuliah Bahasa Indonesia MKWK sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan instrumen yang digunakan adalah soal-soal yang mencakup bahan kajian Bahasa Indonesia MKWK. Teknik analisis data menggunakan rumus perbandingan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok sebesar 85,40, tergolong sangat baik dan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan ketode pemberian tugas sebesar 68,43, tergolong cukup. Berdasarkan uji T-Test dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia MKWK berbasis merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang belajar dengan metode diskusi kelompok dan hasil belajar Bahasa Indonesia berbasis Merdeka belajar pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang belajar dengan metode pembelian tugas.
Keywords
Article Details
Copyright (c) 2024 Susetyo, Primasari Wahyuni, Fitri Jamilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Hasibuan, Ardina Khoirunnisa, dkk. (2022). “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar
- Bahasa Indoensia Siswa MTs Madrasah Al –Hikmah Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu.” Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1No 8 Juni 2022 p. 1005.
- Heryati, Yeti. (2015). “Model Program dan Pelaksanaan Perkuliahan MKU Bahasa Indonesia
- (Studi Deskriptif-Analitis terhadap Program dan Pelaksanaan Perkuliaham MKU Bahasa Indonesia di Fakultas Sain dan Teknologi.” Edisi Juni 2015 Volume IX No. 1. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
- Iqbal, Muhamad.MGA. (2015). “Pengaruh Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Hasil Belajar
- Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SMP Kelas VIII Parakan tangsel 2014/2015.“ Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
- Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
- Republik Indonesian Nomor: 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Matakuliah Wajib (MKWK) pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.
- Mangun Budiyanto dan Syamsul Kurniawan. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran
- Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, p. 85-86.
- Nyoto, Amat dan Made Wena. (2012) Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Malang:
- Panitia Sertifikasi Guru (Psg) Rayon 115
- Panjaitan, Riama Yanti.dkk. (2022). “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam
- Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 2 | Nomor 2 | November 2022 p. 153
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional
- Pendidikan.
- Ratnadi, Ni Ketut Sri .(2019). “Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi
- Belajar Ipa Siswa.”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia, Volume 9 Nomor
- , p.158.
- Ramliyana, Randi dan Vickry Ramdhan. (2022). “Rancangan Pembelajaran Berbasis Proyek
- Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia pada Universitas Indraprasta PGRI.” KIBAR 2022, 27 Oktober, Jakarta, Indonesia.
- Srirahayu, Lili. (2023). “Pengaruh Metode Diskusi kelompok Terhadap Hasil Belajar Peserta
- Didik Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Tulang Bawang Tengah.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
- Sudiyono (2020).Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa
- Indonesia, Indramayu: Adanu Abimata, p. 12-13.
- Sumiati dan Asra (2019). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, p. 142.
- Susetyo . (2023). Metode Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. Purwodadi-Grobogan Jawa
- Tengah: Sarnu Untung.
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
- .
References
Hasibuan, Ardina Khoirunnisa, dkk. (2022). “Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar
Bahasa Indoensia Siswa MTs Madrasah Al –Hikmah Kelurahan Pabatu Kecamatan Padang Hulu.” Humantech Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, Vol 1No 8 Juni 2022 p. 1005.
Heryati, Yeti. (2015). “Model Program dan Pelaksanaan Perkuliahan MKU Bahasa Indonesia
(Studi Deskriptif-Analitis terhadap Program dan Pelaksanaan Perkuliaham MKU Bahasa Indonesia di Fakultas Sain dan Teknologi.” Edisi Juni 2015 Volume IX No. 1. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.
Iqbal, Muhamad.MGA. (2015). “Pengaruh Pemberian Tugas dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SMP Kelas VIII Parakan tangsel 2014/2015.“ Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Keputusan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesian Nomor: 84/E/KPT/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Matakuliah Wajib (MKWK) pada Kurikulum Pendidikan Tinggi.
Mangun Budiyanto dan Syamsul Kurniawan. (2017). Strategi dan Metode Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga, p. 85-86.
Nyoto, Amat dan Made Wena. (2012) Model-Model Pembelajaran. Universitas Negeri Malang:
Panitia Sertifikasi Guru (Psg) Rayon 115
Panjaitan, Riama Yanti.dkk. (2022). “Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi Kelompok Dalam
Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi.” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Volume: 2 | Nomor 2 | November 2022 p. 153
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional
Pendidikan.
Ratnadi, Ni Ketut Sri .(2019). “Metode Diskusi Kelompok Kecil Untuk Meningkatkan Prestasi
Belajar Ipa Siswa.”Jurnal Pendidikan dan Pembelajaan IPA Indonesia, Volume 9 Nomor
, p.158.
Ramliyana, Randi dan Vickry Ramdhan. (2022). “Rancangan Pembelajaran Berbasis Proyek
Mata Kuliah Wajib Kurikulum Bahasa Indonesia pada Universitas Indraprasta PGRI.” KIBAR 2022, 27 Oktober, Jakarta, Indonesia.
Srirahayu, Lili. (2023). “Pengaruh Metode Diskusi kelompok Terhadap Hasil Belajar Peserta
Didik Mata Pelajaran PAI di SMA N 1 Tulang Bawang Tengah.” Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
Sudiyono (2020).Metode Diskusi Kelompok dan Penerapannya dalam Pembelajaran Bahasa
Indonesia, Indramayu: Adanu Abimata, p. 12-13.
Sumiati dan Asra (2019). Metode Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima, p. 142.
Susetyo . (2023). Metode Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. Purwodadi-Grobogan Jawa
Tengah: Sarnu Untung.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.
.