Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan klasifikasi pertanyaan siswa kelas VIII dalam pembelajaran Bahasa Indonesia SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi. Metode observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui sesuatu pengamatan, dengan disertai pencatatan-pencatatan terhadap keadaan atau perilaku objek sasaran. Metode observasi pada pengumpulan data ini yaitu kegiatan observasi non partisipan, dimana kegiatan ini merupakan proses pengamatan yang melibatkan kegiatan pengamatan terhadap partisipan tanpa berpartisipasi secara aktif, dimana pilihan ini digunakan untuk memahami suatu fenomena dengan memasuki komunitas atau sistem sosial yang terlibat, sambil tetap terpisah dari aktivitas yang diamati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi pertanyaan siswa kelas VIII SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu termasuk kategori jenis pertanyaan masih pada tingkat LOTS (Low Order Thinking Skill) karena hanya kisaran jenjang C-1 sampai C-2. Hasil analisis kemunculan pertanyaan yang diajukan oleh siswa di kelas VIII dalam enam kali pertemuan dan dari dua jenis materi pembelajaran sebanyak 40 buah pertanyaan, kemudian jenis pertanyaan siswa yang muncul terdapat pada jenis pertanyaan jenjang C-1 (mengetahui) sebanyak 16 buah pertanyaan dan jenis pertanyaan jenjang C-2 (memahami) sebanyak 24 buah pertanyaan. Jenjang pertanyaan-pertanyaan tersebut, lebih sering diajukan oleh siswa kepada guru pada saat proses pembelajaran berlangsung. Dari jumlah keseluruhan pertanyaan yang diajukan siswa jika dipersentasekan maka diperoleh jenjang C1 sebanyak 40%, kemudian jenjang C2 sebanyak 60%.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 Elin Aprilia, Dian Eka Chandra W, Catur Wulandari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- A.Gani, Ramlan. (2014). Suka Berbahasa Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
- Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Aina. (2012). Kemampuan Bertanya Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang.
- A.Jacobsen, D.Eggen, P.,& Kauchak, D. (2009). Methods For Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
- Aly, Abdullah & Eny Rahma. (2014). Ilmu Pembelajaran Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
- Anderson, L. dan Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.
- Anderson, dkk. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
- Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
- Delfia, E., Gusfitri, L., (2021). Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Badan Standar.
- Dimyati, dan Moedjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
- Faizah, D., Utomo, P., Arifin, M. (2018). Analisis Pertanyaan Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa, Universitas Bengkulu.
- Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Juhrodin, U. (2023). Taksonomi Anderson (Revisi Atas Taksonomi Bloom). New York: David McKay.
- Kusuma, W. (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
- Kusuma, W. (2014). Taksonomi Berfikir. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
- Lestari, R. (2018). Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. FKIP Universitas Lampung: Bandar Lampung.
- Pratiwi, D., Kamilasari, W., Nuri, D., dan Supeno (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, Universitas Jember.
- Ramadhan, F., Susriyati, M., dan Siti, Z.(2017). Kemampuan bertanya siswa kelas
- X SMA Swasta Kota Batu pada pelajaran biologi. Bioedukasi, 8(1), 11-15.
- Royani, M., Muslim, B,. (2017). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22-28.
- Saleh, Sirajuddin (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan
- Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
- Widianti, A., Hadi, W., (2021). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba Tahun Pelajaran 2021. Jurnal Bahasa, Universitas Negeri Medan.
- Winarti, Istiyono, E., (2020). Taksonomi ( Higher Order Thinking Skill). Salatiga: Penerbit Widya Sari Press.
- Wulan, R. (2023). Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
- Zuraida, F., Syamsu, D., Tanjung, S. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Melalui Pendekatan Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Seunangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh.
Referensi
A.Gani, Ramlan. (2014). Suka Berbahasa Indonesia. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Abdurrahman, Mulyono. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Aina. (2012). Kemampuan Bertanya Siswa. Malang: Universitas Negeri Malang.
A.Jacobsen, D.Eggen, P.,& Kauchak, D. (2009). Methods For Teaching: Metode-Metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK-SMA. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar.
Aly, Abdullah & Eny Rahma. (2014). Ilmu Pembelajaran Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Anderson, L. dan Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.
Anderson, dkk. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Delfia, E., Gusfitri, L., (2021). Bahasa Indonesia Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta : Pusat Perbukuan Badan Standar.
Dimyati, dan Moedjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faizah, D., Utomo, P., Arifin, M. (2018). Analisis Pertanyaan Guru dan Siswa Dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas VII SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa, Universitas Bengkulu.
Hasibuan, J.J. dan Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Juhrodin, U. (2023). Taksonomi Anderson (Revisi Atas Taksonomi Bloom). New York: David McKay.
Kusuma, W. (2014). Taksonomi Kognitif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Kusuma, W. (2014). Taksonomi Berfikir. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
Lestari, R. (2018). Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Biologi SMA Negeri 1 Bandar Lampung. Skripsi. FKIP Universitas Lampung: Bandar Lampung.
Pratiwi, D., Kamilasari, W., Nuri, D., dan Supeno (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran IPA Materi Suhu dan Kalor Dengan Model Problem Based Learning Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pendidikan Fisika, Universitas Jember.
Ramadhan, F., Susriyati, M., dan Siti, Z.(2017). Kemampuan bertanya siswa kelas
X SMA Swasta Kota Batu pada pelajaran biologi. Bioedukasi, 8(1), 11-15.
Royani, M., Muslim, B,. (2017). Keterampilan Bertanya Siswa SMP Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Pada Materi Segi Empat. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 22-28.
Saleh, Sirajuddin (2017). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
Widianti, A., Hadi, W., (2021). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Torgamba Tahun Pelajaran 2021. Jurnal Bahasa, Universitas Negeri Medan.
Winarti, Istiyono, E., (2020). Taksonomi ( Higher Order Thinking Skill). Salatiga: Penerbit Widya Sari Press.
Wulan, R. (2023). Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal Pendidikan, Universitas Pendidikan Indonesia.
Zuraida, F., Syamsu, D., Tanjung, S. (2019). Analisis Keterampilan Bertanya Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Pencernaan Melalui Pendekatan Studi Kasus Di SMP Negeri 5 Seunangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, STKIP Bina Bangsa Meulaboh.