Isi Artikel Utama

Abstrak

Media pembelajaran semakin bervariasi seiring dengan berkembangnya teknologi, karena banyak aplikasi yang didesain khusus sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan menulis teks lawakan tunggal menggunakan aplikasi tiktok siswa kelas X SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian keterampilan menulis dilakukan dalam bentuk tes menulis teks lawakan tunggal dengan aspek kesesuaian isi teks lawakan tunggal, ketepatan struktur teks lawakan tunggal, ketepatan kata, kesesuaian ejaan huruf kapital dan tata tulis, kritik serta kelucuan berkategori baik dengan rentang nilai antara 75-85. Nilai rata-rata siswa dari hasil tes menulis teks lawakan tunggal, yaitu 81,07. Menggunakan aplikasi tiktok dalam pembelajaran lawakan tunggal menjadi pilihan yang tepat sebagai media pembe­lajaran yang efektif karena aplikasi Tik Tok memenuhi kebutuhan belajar peserta didik yang menarik karena keterbaha­ruannya dan memiliki banyak fitur yang dapat diimplementasikan ke dalam pembe­lajaran.

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Leony Chika Amanda, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Universitas Bengkulu

Agus Trianto, Universitas Bengkulu

Dosen Universitas Bengkulu

Arono Arono, Universitas Bengkulu

Dosen Universitas Bengkulu

Cara Mengutip
Amanda, L. C., Trianto, A., & Arono, A. (2025). Keterampilan Menulis Teks Lawakan Tunggal Menggunakan Aplikasi Tiktok Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Korpus, 9(1), 253–263. https://doi.org/10.33369/jik.v9i1.37743

Referensi

    Abidin, Y. (2012). Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Beroreintasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1301
    Aji, W. N. & Budiyono, S. (2018). The Teaching Strategy of Bahasa Indonesia in Curriculum 2013. International Journal of Active Learning, 3(2), 58-64. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijal/article/view/12222
    Aji, W. N. & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 6(1), 147. https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/METAFORA/article/view/7824
    Aji. W.N., Widya, U., Klaten, D., & Tok, A.T. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra. 431, 432-440.
    Akhadiah, S. (1999). Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Erlangga.
    Ansori, R. W., dkk. (2023). Implementasi Kecakapan Logika dan Kreativitas melalui Humor dalam Materi Teks Anekdot Kelas X SMA dengan Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 374-385. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7836
    Ardiansah, I. & Maharani, A. (2021). Optimalisasi Instagram sebagai Media Marketing. Bandung: CV. Cendekia Press.
    Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
    Ashari, N. I. (2022). Pemanfaatan Media Video Tiktok Wisata dalam Keterampilan Menulis Teks Deskripsi di SMP Waskito Tangerang Selatan. Bachelor's Thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    Djajasudarma, F. (2010). Metode Linguistik Ancangan Metode Penelitian dan Kajian. Bandung: Refika Aditama.
    Isma, A. H. (2021). Penggunaan Media Video Akun TikTok Pojoksatu. Id dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII 5 MTs Negeri 8 Jakarta Barat. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    Isroqm, A. (2013). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif (Studi Kasus: Aplikasi Powe Point). Jurnal Sastra. 1317-1336.
    Kemdikbud.com., (2021). EYD V. Diakses pada 1 Juli 2024 dari https://ejaan.kemdikbud.go.id/
    Kemp, J. E. & Dayton, D. K. (1985). Planning and Producing Instructional Media. New York: Harper and Row.
    Kumparan. (2023). Pengertian Media Sosial, Ciri-ciri dan Fungsinya. Diakses pada 1 September 2024.
    Maelani, L. (2023). Pemanfaatan Video Akun TikTok Irfan Ghafur sebagai Media Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pada Siswa SMAN 33 Jakarta. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An - Nida', 37(1), 27-35. https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310
    Miles, B. M. & Huberman, M. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
    Moleong, L. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.
    Nasrullah, R. (2017). Etnografi Virtual: Riset Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi di Internet. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
    Nurhadi. (2014). Inovasi Pembelajaran: Konsep dan Aplikasi. Penerbit Universitas Negeri Malang.
    Pragiwaksono, P. (2018). Sandiwara: Cerita Komedi dari Kacamata Pandji. Gramedia Pustaka Utama.
    Purwono, J. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).
    Rohani, R. (2019). Media Pembelajaran. Medan: Repository UINSU Medan.
    Rosaliza, M. (2015). Wawancara Sebuah Interaksi Komunikasi dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Ilmu Budaya, 11(2), 71.
    Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Sugiyono., (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
    Syafri, E. P. E. & Kulsum, U. (2021). TikTok; Media Pembelajaran Alternatif dan Aktraktif pada Pelajaran PPKn Selama Pandemi di SMP Negeri 2 Mertoyudan. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika. 5 (1). https://prosiding.senadi.upy.ac.id/index.php/senadi/article/view/212/186
    Tamimi, H. (2021). Penerapan Media Video TikTok Radar Bandung dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Ciseen Bogor. Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
    Uno, H. (2010). Model Pembelajaran: Menerapkan Pendekatan Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.