Isi Artikel Utama
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka, serta mengeksplorasi perangkat akses media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari lembar observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong sudah memiliki perangkat akses media pembelajaran berupa proyektor, layar proyektor, komputer, serta jaringan internet untuk menunjang keberhasilan penayangan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif serta memudahkan pemahaman konsep-konsep bahasa Indonesia. Selain itu, kemajuan teknologi untuk mengakses canva menjadi daya tarik sehingga dapat menyesuaikan dan memudahkan untuk menyeimbangkan dengan kemajuan teknologi serta kurikulum yang berlaku.
Kata Kunci: Canva, Media Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Perangkat Akses Media Pembelajaran, Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong.
Kata Kunci
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2024 sarioktavia10 oktavia, Arono, Nafri Yanti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- DAFTAR RUJUKAN
- Arono, Dkk (2021). Studi Komparatif Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris di Era New Normal. Cipta © 2021 EAI. DOI 10.4108/eai.16-10-2020.2305230.
- Arsyad . (1990). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
- Abidin, Y (2016). Penerapan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi pendidikan
- Arono (2013). Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
- Ayu, L. (2022). https://www.gamelab.id/news/1824-apa-itu-canva-dan-bagaimana-
- Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
- Dede, (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
- Fauzia, I. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sd. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1370-1384.
- Fitri, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
- Hamdani (2005). Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
- Harahap, M. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
- Husna, R. (2021). Peran Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2-3.
- Hardiyanti, A. D. (2022). Ibm Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 5 Karangsari Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 138-143.
- Haryono, (2023). Media Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
- Hamalainen, R., Vesisenaho, M., & Kankaanranta, M. (2019). Exploring the Potential of Technology in Language Learning: A Case Study in Finnish Schools. Education and Information Technologies, 24(5), 3063-3079.revNurdiansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
- Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21
- Kawasati, I. &. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sorong: Ofs. Io.
- Khoirurrijal, dkk (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Cv. Literasi Nusantara Abadi
- Kholipah, dkk (2022). Penerapan Media Question Card Dalam Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran . Jurnal Pinus, 43 – 52.
- Marpuah, Siti. (2023). Pentingnya Perangkat Pembelajaran bagi Peserta Didik dan Guru.https://www.kompasiana.com/sitimarpuah1214/6560227fee794a7932693194/pentingnya-perangkat-pembelajaran-bagi-peserta-didik-dan-guru
- Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Cv Budi Utama.
- Nurdyansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
- Priantini, N. K. (2022). “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 238-244.
- Putri, D. &. (2022). Integrasi Media Pembelajaran Pada Kurikulum . Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 1-19.
- Pelangi, G. ”Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA”. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), Desember 2020, 79– 96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
- Rosa. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan Dan Evaluasi. Penerbit Cv.Eureka Media Aksara
- Saputro, A. N. C., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E. A., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, aprilia divi, Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, siska aprilia, Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
- Setiawan, Yudi, Dkk (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi Guna Meningkatkan Kualitas Proses Kbm Pada Dewan Guru Di Sman 7 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Reksa. Volume 2 Nomor 2.
- Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.
- Yanti, Nafri, Dkk (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7 No. 1, 2021.
- Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.
Referensi
DAFTAR RUJUKAN
Arono, Dkk (2021). Studi Komparatif Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris di Era New Normal. Cipta © 2021 EAI. DOI 10.4108/eai.16-10-2020.2305230.
Arsyad . (1990). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Abidin, Y (2016). Penerapan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi pendidikan
Arono (2013). Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
Ayu, L. (2022). https://www.gamelab.id/news/1824-apa-itu-canva-dan-bagaimana-
Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Dede, (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
Fauzia, I. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sd. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1370-1384.
Fitri, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Hamdani (2005). Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
Harahap, M. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
Husna, R. (2021). Peran Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2-3.
Hardiyanti, A. D. (2022). Ibm Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 5 Karangsari Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 138-143.
Haryono, (2023). Media Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
Hamalainen, R., Vesisenaho, M., & Kankaanranta, M. (2019). Exploring the Potential of Technology in Language Learning: A Case Study in Finnish Schools. Education and Information Technologies, 24(5), 3063-3079.revNurdiansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21
Kawasati, I. &. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sorong: Ofs. Io.
Khoirurrijal, dkk (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Cv. Literasi Nusantara Abadi
Kholipah, dkk (2022). Penerapan Media Question Card Dalam Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran . Jurnal Pinus, 43 – 52.
Marpuah, Siti. (2023). Pentingnya Perangkat Pembelajaran bagi Peserta Didik dan Guru.https://www.kompasiana.com/sitimarpuah1214/6560227fee794a7932693194/pentingnya-perangkat-pembelajaran-bagi-peserta-didik-dan-guru
Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Cv Budi Utama.
Nurdyansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
Priantini, N. K. (2022). “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 238-244.
Putri, D. &. (2022). Integrasi Media Pembelajaran Pada Kurikulum . Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 1-19.
Pelangi, G. ”Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA”. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), Desember 2020, 79– 96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
Rosa. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan Dan Evaluasi. Penerbit Cv.Eureka Media Aksara
Saputro, A. N. C., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E. A., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, aprilia divi, Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, siska aprilia, Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
Setiawan, Yudi, Dkk (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi Guna Meningkatkan Kualitas Proses Kbm Pada Dewan Guru Di Sman 7 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Reksa. Volume 2 Nomor 2.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.
Yanti, Nafri, Dkk (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7 No. 1, 2021.
Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.