Isi Artikel Utama

Abstrak

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka, serta mengeksplorasi perangkat akses media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari lembar observasi, wawancara serta dokumentasi yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong sudah memiliki perangkat akses media pembelajaran berupa proyektor, layar proyektor, komputer, serta jaringan internet untuk menunjang keberhasilan penayangan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Pemanfaatan canva sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia dapat menciptakan pembelajaran yang interaktif serta memudahkan pemahaman konsep-konsep bahasa Indonesia. Selain itu, kemajuan teknologi untuk mengakses canva menjadi daya tarik sehingga dapat menyesuaikan dan memudahkan untuk menyeimbangkan dengan kemajuan teknologi serta    kurikulum yang berlaku.


 


Kata Kunci: Canva, Media Pembelajaran, Kurikulum Merdeka, Perangkat Akses Media Pembelajaran, Madrasah Aliyah Negeri Rejang Lebong.

Kata Kunci

Keywords: Canva, Learning Media, Independent Curriculum, Learning Media Access Device, Rejang Lebong State Madrasah Aliyah.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
oktavia, sarioktavia10, Arono, & Yanti , N. (2024). PENGGUNAAN CANVA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI MADRASAH ALIYAH NEGERI REJANG LEBONG. Jurnal Korpus, 8(2), 312–325. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/37769

Referensi

  1. DAFTAR RUJUKAN
  2. Arono, Dkk (2021). Studi Komparatif Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia dan Pendidikan Bahasa Inggris di Era New Normal. Cipta © 2021 EAI. DOI 10.4108/eai.16-10-2020.2305230.
  3. Arsyad . (1990). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  4. Abidin, Y (2016). Penerapan Media Pembelajaran. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi pendidikan
  5. Arono (2013). Pengembangan Pembelajaran Keterampilan Menyimak Melalui Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.
  6. Ayu, L. (2022). https://www.gamelab.id/news/1824-apa-itu-canva-dan-bagaimana-
  7. Daryanto, (2011). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
  8. Dede, (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada.
  9. Fauzia, I. S. (2022). Efektivitas Penggunaan Model Dan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Sd. Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, 1370-1384.
  10. Fitri, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write Berbantuan Media Gambar terhadap Keterampilan Menulis Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  11. Hamdani (2005). Media Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Bandung: Alfabeta.
  12. Harahap, M. (2020). Penelitian Kualitatif. Medan: Wal Ashri Publishing.
  13. Husna, R. (2021). Peran Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 2-3.
  14. Hardiyanti, A. D. (2022). Ibm Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar Di Sdn 5 Karangsari Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah, 138-143.
  15. Haryono, (2023). Media Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka.
  16. Hamalainen, R., Vesisenaho, M., & Kankaanranta, M. (2019). Exploring the Potential of Technology in Language Learning: A Case Study in Finnish Schools. Education and Information Technologies, 24(5), 3063-3079.revNurdiansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
  17. Ibda, H., & Rahmadi, E. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1-21
  18. Kawasati, I. &. (2019). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif. Sorong: Ofs. Io.
  19. Khoirurrijal, dkk (2022). Pengembangann Kurikulum Merdeka. Cv. Literasi Nusantara Abadi
  20. Kholipah, dkk (2022). Penerapan Media Question Card Dalam Model Pembelajaran Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran . Jurnal Pinus, 43 – 52.
  21. Marpuah, Siti. (2023). Pentingnya Perangkat Pembelajaran bagi Peserta Didik dan Guru.https://www.kompasiana.com/sitimarpuah1214/6560227fee794a7932693194/pentingnya-perangkat-pembelajaran-bagi-peserta-didik-dan-guru
  22. Mulyadi. (2016). Sistem Akuntansi. Jakarta: Cv Budi Utama.
  23. Nurdyansyah, S. M. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. 44.
  24. Priantini, N. K. (2022). “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 238-244.
  25. Putri, D. &. (2022). Integrasi Media Pembelajaran Pada Kurikulum . Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 1-19.
  26. Pelangi, G. ”Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA”. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), Desember 2020, 79– 96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32493/sasindo.v8i2.79-96
  27. Rosa. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar : Analisis, Implementasi, Pengelolaan Dan Evaluasi. Penerbit Cv.Eureka Media Aksara
  28. Saputro, A. N. C., Kuswandi, S., Purba, S., Aswan, N., Ermawati, E. A., Yuniwati, I., Kato, I., Yustita, aprilia divi, Rahmawati, I., Lestari, H., Hardiyanti, siska aprilia, Suesilowati, & Subakti, H. (2022). Manajemen Mutu Terpadu untuk Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.
  29. Setiawan, Yudi, Dkk (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Animasi Guna Meningkatkan Kualitas Proses Kbm Pada Dewan Guru Di Sman 7 Kota Bengkulu. Jurnal Abdi Reksa. Volume 2 Nomor 2.
  30. Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta, Cv.
  31. Yanti, Nafri, Dkk (2021). Tingkat Literasi Digital Mahasiswa Indonesia. Diksa: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 7 No. 1, 2021.
  32. Yusuf. 2014. “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan”. Jakarta : prenadamedia group.