Isi Artikel Utama

Abstrak

Fokus penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, rekaman, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru hanya merencanakan dimensi profil pelajar pancasila dibagian informasi umum, pada kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, tidak direncanakan secara jelas. Pengimplementasian Profil Pelajar Pancasila yang tercantum dalam modul ajar, beberapa dimensi yang telah direncanakan ada yang terlaksana dan juga ada yang tidak terlaksana dalam proses pembelajaran. Hal itu menggambarkan bahwa ada ketidaksesuaian antara perencanaan Profil Pelajar Pancasila dalam modul ajar dengan pelaksaanannya dalam proses pembelajaran.

Kata Kunci

Implementation, Indonesian language learning, Pancasila Student Profile Implementasi, Pembelajaran bahasa Indonesia, Profil Pelajar Pancasila

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Carlos, J., Trianto, A., & Arifin, M. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu. Jurnal Korpus, 8(3), 423–431. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/37918

Referensi

  1. Buaton, R., & Yel, M. B. (2022, July). Model Pembelajaran Adaptif dan Cerdas Dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. In Prosiding Seminar Nasional Riset Information Science (SENARIS) (Vol. 4, No. 2, pp. 149-157).
  2. Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090.
  3. Ellya Novera, Daharnis,Yeni Erita, A. F. 2021. Jurnal Basic Edu, 5(6),6349-6356.
  4. Fardiansyah, H. (2022). Manajemen Pendidikan (Tinjaun Pada Pendidikan Formal). Bandung: Widina Media Uutama.
  5. Galidha, Aqsamia., dkk. 2023. Implementasi Program Profil Pelajar Pancasila di SMA Negeri 1 Tanah Luas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa.
  6. Hamalik, O. (2017). Manajemen Pengembangan Kurikulum (Cetakan ke). PT Remaja Rosdakarya.
  7. Ilyass, Ismail. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Depok: PT RajaGrafindo Persada.
  8. Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
  9. Jayanti, G. D., dkk. 2021. Analisis Kebijakan Peta Jalan Pendidikan Nasional 2020-2035. Jurnal Pendidikan Dasar dan Keguruan, 6(1), 40-48.
  10. Katuuk, D. A. (2014). Manajemen Implementasi Kurikulum: Strategi Penguatan Implementasi Kurikulum 2013. Cakrawala Pendidikan, XXXIII(1), 13–26.
  11. Kemdikbudristek. 2022. Dimensi, Elemen, dan Sublemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka.
  12. Moleong, Lexy J. 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
  13. Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional (Dwi Nini Sutini (ed.)). PT Bumi Aksara.
  14. Nisah, Nurul., dkk. 2022. Konsep Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Optimalisasi Efikasi Diri dan Gaya Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4. Vol (4).
  15. Novitaningrum Istiqomah, Ngatmini, Susilowati (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Menganalisis Teks Prosedur pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Semarang. Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia, 12(1): 77-93.
  16. Nur’aini, A.,& Narimo, S. (2023).Implementasi Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Sukoharjo. Surakarta: FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  17. Purnamasari & Soegeng. 2022. Profil Pelajar Pancasila. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.
  18. Rahayu, Restu; Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.
  19. Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila Dan implikasinya terhadap ketahanan Pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
  20. Santoso, G., Damayanti, A., Imawati, S., & Asbari, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka melalui Literasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 84-90.
  21. Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang Kurikulum merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28-33.
  22. Saraswati, M., & Safitri, A. (2020). 56-Article Text-336-1-10-20210601. 1(3), 120–128.
  23. Sastromiharjo, Andoyo. 2023. Peran Mata Pelajaran Bahasa Indonesia dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah. 13(2).
  24. Strausss, A., & Corbin, J. (2003). Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  25. Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  26. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan Research & Development. Bandung: Alfabeta.
  27. Suleman, Risman & Buhari Luneto., 2023. Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Limboto. PEKERTI: Jurnal Pendidikan Islam & Budi Pekerti. 5(1).
  28. Widodo, H. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter Di SD Muhammadiyah Macanan Sleman Yogyakarta. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 22(1), 40–51.
  29. Yogi, A., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajayani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. (Hal. 109). Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan RI.
  30. Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila. Direktorat Sekolah Dasar Dirjen PAUD, Dikdas dan Dikmen Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.