Isi Artikel Utama

Abstrak

Gambaran karakteristik materi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis SMAN 6 Kota Bengkulu menjadi pendorong dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini mengkaji karakteristik media pembelajaran pada saat Kurikulum Mandiri masih diterapkan di sekolah. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu digunakan metode pengumpulan data yang melibatkan dokumentasi dan observasi. Guru dan siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu dijadikan sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil media pembelajaran bahasa Indonesia berdasarkan Kurikulum Merdeka yaitu media visual yang berbentuk Buku, LKPD dan alat pembelajaran visual yaitu spidol dan papan tulis, serta media multimedia yang berbentuk gawai dan laptop. Media visual dan multimedia ini digunakan untuk menjelaskan materi dan mencari referensi pada teks argumentasi.


 

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Jeki, J. R. H., Arono, & Kurniawan, R. (2024). Profil Media Pembelajaran Guru Bahasa Indonesia Pada Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMAN 6 Kota Bengkulu. Jurnal Korpus, 8(3), 358–368. Diambil dari https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/37929

Referensi

  1. Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakrta: Rajawali Pers.
  2. Arsyad, A 2015. “Peran Media Pendidikan Dalam Meningkatkan Kemanpuan Bahasa Arab Siswa Madrasah.” Jurnal Ilmiah Didaktika 16: 44.
  3. Asyhar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.
  4. Autoridad Nacional del Servicio Civil. 2021. “Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Bahasa Indonesia Di Smp Se-Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.: 2013–15.
  5. Bloom, Nicholas, and John Van Reenen. 2013. “Pengertian Profil.” NBER Working Papers: 89. http://www.nber.org/papers/w16019.
  6. Buton, Negeri. 2021. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar Pada Kelas VI SD.” 1(2): 123–30.
  7. Cholilah, M. Tatuwo, P. And Rosdiana, P. (2023). “Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran”. Surabaya: Journal homepage.
  8. Fadilah, Aisyah, and Nasywa Atha Kanya. 2023. “Pengertian Media , Tujuan , Fungsi , Manfaat Dan Urgensi Media Pembelajaran.” 1(2).
  9. Gagne & Briggs. 1975. Intructional Technology:Foundation. Hillsddale: Lawrence Erlmaun Assciates, Publishers.
  10. Harahap, Musaddad, and Lina Mayasari Siregar. 2018. “Mengembangkan Sumber Dan Media Pembelajaran.” Educational (January): 2–3.
  11. Hardiyanti, A. Yustita, D. And Ermawati, A. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 5 Karangsari”. Banyuwangi: Jurnal Pengabdian dan Edukasi Sekolah.
  12. Jamaludin, Ujang., Pribadi, A., & Zahara, A. Universitas Sultan, and Ageng Tirtayasa Abstract. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Juli 9(14): 710–16. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852.
  13. Kristanto, A. 2016. “Media Pembelajaran.” Bintang Sutabaya: 1–129.
  14. Nathasia,H. And Abadi, M. (2022). “Analisis Strategi Guru Bahasa Indonesia Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di SMKN 11 Malang”. Malang: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia.
  15. Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah 3(1): 171. doi:10.33511/misykat.v3n1.171.
  16. Nurul Audie. 2019. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar.” Posiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP 2(1): 586–95.
  17. Priantini, O. Suarni, K,N. and Adnyana, S. (2022). “Analisis Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan yang Berkualitas”. Denpasar. Jurnal Pinjaman Mutu.
  18. Rahyubi Heri, ( 2012) Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik, Bandung: Nusa Media.
  19. Sadiman, A. 2018. Media Pendidikan. Jakarta :PT Rajagrafindo Persada.
  20. Sanjaya, Wina (2014). "Media Komunikasi Pembelajaran" Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
  21. Sammi, A. Amir, A. (2023). ”Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Pariaman”. Padang: Jurnal Pendidikan Tambusai.
  22. Slamet, R. 2017. Akuntansi Manajemen. Taman Sidoarjo: Zifataman Publisher.
  23. Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  24. Sunismi, S. Wahyuni, S. And Ambarwati, A. (2023). “Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teaching at the right level berbasis Media Teknologi pada Kurikulum Merdeka”. Malang: Jurnal Masyarakat Mandiri.
  25. Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  26. Syaiful, S. 2003. "Konsep dan Makna Pembelajaran" . Bandung: Alfabeta.
  27. Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
  28. Wicaksana, A. and Rachman, T. 2018. “Karakteristik Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di MI.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3(1): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.
  29. Wulandari, Sri,A. and Widiyatmoko, A. 2023. “Penerapan Alur Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Seminar Nasional IPA XIII: 241–51. https://proceeding.unnes.ac.id/snipa/article/view/2307%0Ahttps://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snipa/article/download/2307/1790.
  30. Zulfa, Z. Maulida, R. And Hasyim, I. (2022). “Inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum Merdeka Belajar dalam Profil Pelajar Pancasila”. Yogyakarta: Seminar Nasional SAGA.