Isi Artikel Utama
Abstrak
Model Problem Based Learning salah satu model pembelajaran yang inovatif dan partisipatif dalam Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pemecahan masalah nyata untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan efektivitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana model Problem Based Learning digunakan untuk mengelola mata pelajaran pembelajaran puisi rakyat (pantun) pada kurikulum otonom SMPN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini bersifat kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini yaitu aktivitas pengelolaan kelas pembelajaran puisi rakyat (pantun) yang dilakukan guru Bahasa Indonesia dikelas VII H Di SMPN 11 Kota Bengkulu. Sumber data yaitu guru dan siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIIH di SMPN 11 Kota Bengkulu. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dokumentasi, perekaman video, dan observasi. Dalam penelitian ini teknik analisi data dilakukan menggunakan langkah-langkah merekam sambil mengamati guru yang mengajar, mecatat bukti kegiatan terkait permasalahan yang diteliti, menganalisis data, mentaabulasikan data, klarifikasi data, menginterprestasikan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengelolaan kelas pembelajaran puisi rakyat (pantun) menggunakan model Promblem Based Learning dalam kurikulum merdeka di SMPN 11 Kota Bengkulu yang berkaitan Problem Based Learning telah dilaksanakan dengan menggunakan sintak-sintak Problem Based Learning seperti orientasi, mengatur siswa, mengawasi penelitian individu dan kelompok, menyajikan temuan diskusi, dan menilai serta menganalisis proses pemecahan masalah. Pengelolaan kelas ditunjukkan dengan cara instruktur mengatur kelas dan menciptakan lingkungan yang ramah untuk belajar. Respons siswa terhadap pertanyaan, sesi belajar kelompok, dan partisipasi dalam menyelesaikan tugas yang diberikan guru merupakan indikator tingkat keterlibatan belajar mereka.
Rincian Artikel
Hak Cipta (c) 2025 Agilia Rahma Suciawati Agil

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
-
Agung, & Suryani. (2016). Pengelolaan Kelas oleh Guru Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Gedong Tataan Tahun Pelajaran 2015/2016. (Skrispi) https://digilib.unila.ac.id/23843/2/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Aisyah, D. N., Yulistio, D., & Purwadi, A. J. (2021). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 166-174. Doi: https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.14937
Ardika, W., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2019/2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 517–527. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21551
Arends, R. (2013). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Aslamiah, dkk. (2022). Pengelolaan Kelas. Rajawali.
Djabidi, F. (2017). Manajemen Pengelolaan Kelas. Anggota IKAPI.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355. Doi: 10.31004/basicedu.v5i3.924
Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. PT Bestari Buana Murni.
Ismail. (2002). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Quadrant.
Lidiawati, dkk. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Bureka Media Aksara.
Marsini, M., & Dwikoranto, D. (2022). Penggunaan Google Meet dalam Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Masa Pandemi COVID-19. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5).
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. (2009). Classroom Management. UIN-Malang Press.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama.
Putri, M. A. N., & Dwikoranto, D. (2022). Implementation of STEM Integrated Project Based Learning (PjBL) to Improve Problem Solving Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 97-106. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/12231
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Rusydie, S. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen kelas (Cet. I). Diva Press.
Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of Student's Critical Thinking Ability Sin Physics Materials Through the Application of Problem-Based Learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534-545. Doi: //doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.
Sari, D. D. M., Samhati, S., & Ariyani, F. (2018). Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Puisi Rakyat di SMP. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(3 Jul).
Soetopo, H. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan, dan Praktek. UMM Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulisworo, dkk. (2023). Transformasi Pendidikan Abad XXI: Sebuah Bunga Rampai. K-Media.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edu-tainment Berbasis Karakter (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Buku Literasiologi.
Zhiyu, L. (2012). Kajian Penanaman Kemampuan Inovasi Sains dan Teknologi Mahasiswa dalam Pengajaran Elektroteknik Berbasis Modus PBL. SciVerse ScienceDirect, 2, 287–292.
Referensi
Aisyah, D. N., Yulistio, D., & Purwadi, A. J. (2021). Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lebong. Jurnal Ilmiah KORPUS, 5(2), 166-174. Doi: https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.14937
Ardika, W., Suharsono, N., & Haris, I. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X IPS SMA Negeri 3 Singaraja Tahun 2019/2020. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 517–527. https://doi.org/10.23887/jjpe.v11i2.21551
Arends, R. (2013). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Aslamiah, dkk. (2022). Pengelolaan Kelas. Rajawali.
Djabidi, F. (2017). Manajemen Pengelolaan Kelas. Anggota IKAPI.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. PT Rineka Cipta.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349-1355. Doi: 10.31004/basicedu.v5i3.924
Iskandar. (2010). Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. PT Bestari Buana Murni.
Ismail. (2002). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Isrok’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. PT Bumi Aksara.
Jaya, I. M. L. M. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif: Teori, Penerapan, Dan Riset Nyata. Quadrant.
Lidiawati, dkk. (2023). Kurikulum Merdeka Belajar: Analisis, Implementasi, Pengelolaan dan Evaluasi. Bureka Media Aksara.
Marsini, M., & Dwikoranto, D. (2022). Penggunaan Google Meet dalam Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Masa Pandemi COVID-19. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5).
Moleong, L. J. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Mulyadi. (2009). Classroom Management. UIN-Malang Press.
Mulyasa, E. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah: Konsep, Strategi, dan Implementasi. PT Remaja Rosdakarya.
Octavia, S. A. (2020). Model-Model Pembelajaran. CV Budi Utama.
Putri, M. A. N., & Dwikoranto, D. (2022). Implementation of STEM Integrated Project Based Learning (PjBL) to Improve Problem Solving Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 10(1), 97-106. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/bipf/article/view/12231
Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran. Kencana Prenada Media Grup.
Rusydie, S. (2011). Prinsip-Prinsip Manajemen kelas (Cet. I). Diva Press.
Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of Student's Critical Thinking Ability Sin Physics Materials Through the Application of Problem-Based Learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534-545. Doi: //doi.org/10.46245/ijorer.v3i5.247
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.
Saputra, H. (2021). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning). Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(3), 1-9.
Sari, D. D. M., Samhati, S., & Ariyani, F. (2018). Pengelolaan Kelas Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Puisi Rakyat di SMP. Jurnal Kata: Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 6(3 Jul).
Soetopo, H. (2005). Pendidikan dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan, dan Praktek. UMM Press.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sulisworo, dkk. (2023). Transformasi Pendidikan Abad XXI: Sebuah Bunga Rampai. K-Media.
Widiasworo, E. (2018). Strategi Pembelajaran Edu-tainment Berbasis Karakter (1st ed.). Ar-Ruzz Media.
Zainuri, A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka. Buku Literasiologi.
Zhiyu, L. (2012). Kajian Penanaman Kemampuan Inovasi Sains dan Teknologi Mahasiswa dalam Pengajaran Elektroteknik Berbasis Modus PBL. SciVerse ScienceDirect, 2, 287–292.