Isi Artikel Utama

Abstrak

Tindak ltutur ldalam lpembelajaran lpenting lkarena lmerupakan lsarana luntuk lmendidik, lmembimbing, ldan lmemperlancar linteraksi lantara lguru ldan lsiswa. lBentuk-bentuk ltindak ltutur lmempunyai lmakna-makna lyang lkonteksnya lbertujuan luntuk lmemahami lmaksud lyang ldisampaikan loleh lguru. lTujuan lpenelitian lini luntuk lmendeskripsikan lbentuk ltindak ltutur llokusi, lilokusi, ldan lperlokusi lpada linteraksi lantara lguru ldan lsiswa ldalam lpembelajaran lBahasa lIndonesia lsiswa lkelas lVIII lSMPN l5 lBengkulu lTengah. lPenelitian lini lmenggunakan lmetode ldeskriptif ldengan lpendekatan lkualitatif. lSumber ldatanya lguru ldan lsiswa lkelas lVIII lSMPN l5 lBengkulu lTengah. lTeknik lpengumpulan ldata lmenggunakan lteknik lobservasi ldan ldokumentasi. lPeneliti lmenggunakan linstrumen lpenelitian lberupa ltabel lklasifikasi ltindak ltutur lberpedoman lpada ltabel lobservasi lyang lmemuat lkategori latau lgaris-garis lbesar ldata lpenelitian ldan ldokumentasi lberupa lrekaman laudio lvisual linteraksi lguru ldengan lsiswa ldi lkelas. lKemudian lanalisis ldata lmenggunakan ltahapan-tahapan lantara llain: lperekaman, lmencatat, lmemberi lkode, lmengelompokkan ldata, lmenganalisis, ldan lmenyajikan lkesimpulan. lHasil lpenelitian lmenunjukkan lbahwa: l(1) lTindak ltutur llokusi lyang lmuncul lberupa ltuturan lpemberitahuan. lTanpa lmaksud ldan ltujuan ldalam lkomunikasi ltersebut, lhanya luntuk lbercerita latau lsekedar lmemberitahukan. l(2) lTindak ltutur lilokusi lini lada l5 ljenis lyang lditeliti lantara llain lasertif, ldeklaratif, lekspresif, ldirektif, ldan lkomisif. l lAdapun ltindak ltutur lilokusi lbentuk lasertif lyang ldominan lmuncul lberupa lfungsi lmengemukakan lpendapat, lpada ltindak ltutur lilokusi lbentuk ldeklaratif lyang ldominan lmuncul lberupa lfungsi lmelarang, lpada ltindak ltutur lilokusi lbentuk lekspresif lyang ldominan lmuncul lberupa lfungsi lkesal, lpada ltindak ltutur lilokusi lbentuk ldirektif lyang ldominan lmuncul lberupa lfungsi lmemerintah, ldan lpada ltindak ltutur lilokusi lbentuk lkomisif lyang lmuncul lberupa lfungsi lmengancam; ldan l(3) lTindak ltutur lperlokusi lbertujuan lmempengaruhi llawan ltutur ldan lberefek. lPada lpenelitian lini ltindak ltutur lperlokusi lyang lmuncul ltidak lhanya lberupa ltuturan ltetapi lada ltindakan lberupa lgerakan langgota ltubuh ldari lguru lsebagai lisyarat lyang lbisa llangsung ldipahami loleh lsiswa

Rincian Artikel

Biografi Penulis

Firda Rimadona, Universitas Bengkulu

Mahasiswa Universitas Bengkulu

Catur Wulandari, Universitas Bengkulu

Dosen Universitas Bengkulu

Didi Yulistio, Universitas Bengkulu

Dosen Universitas Bengkulu

Cara Mengutip
Rimadona, F., Wulandari, C., & Yulistio, D. (2025). Tindak Tutur pada Interaksi Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII di SMPN 5 Bengkulu Tengah. Jurnal Korpus, 9(1), 197–211. https://doi.org/10.33369/jik.v9i1.40316

Referensi

    Abubakar, R. (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.
    Adriana, I. (2018). Pragmatik. Surabaya. Jember: Pena Salsabila.
    Aldila, Caesar. 2022. “Analisis Tuturan Guru dalam Berinteraksi di Kelas dengan Pendekatan Pragmatik SDN 4 Wandanpulo.” Skripsi 104.
    Anggraini, Y., A.D., & F. (2017). Interaksi Belajar Mengajar. Medan: UNM.
    Ansar, dkk. (2024). Dasar-Dasar Komunikasi Pengantar Komprehensif untuk Pemahaman Proses Komunikasi. Medan: Media Penerbit Indonesia
    Arief, N.F. (2015). Tindak Tutur Guru dalam Wacana Kelas. Malang: Worldwide Readers.
    Arma, K.D., & K. (2022). Tindak Tutur dan Kesantunan. Jawa Barat: PRCI.
    Asdar, H.A., M.& A. (2021). Pembelajaran Pragmatik. Bandung: CV. Semiotika.
    Citriadin, Y. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Mataram: Sanabil.
    Djamaluddin, A., & W. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Centre.
    Hafid, Abd. (2023). Bahasa Indonesia Untuk Guru Sekolah Dasar. Makassar: CV. Tahta Media Grup.
    Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing.
    Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
    Hasmi, L. (2018). Tindak Tutur Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Menara Ilmu, 12(7), 61. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/488
    Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.
    Maujud, F.& S. (2019). Pragmatik: Teori dan Analisis Makna Konteks dalam Bahasa. Mataram. Mataram: Perpustakaan UIN Mataram.
    Mundir. (2013). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Jember: STAIN Jember Press.
    Noviandara, F., B.A., & M. (2022). Analisis Tindak Tutur dalam Kegiatan Berbicara pada Pembelajaran Teks Berita sebagai Alternatif Bahan Ajar Kelas VIII SMP Pasundan 8 Bandung. Skripsi, FKIP UNPAS, http://repository.unpas.ac.id/61079/
    Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia. Surakarta.
    Nugraheni, Y. (2011). Implikatur Percakapan Tokoh Wanita dan Tokoh Laki-Laki dalam Film Harry Potter and The Goblet the Fire. Unimus, 1(2): 183–193. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/lensa/article/view/188
    Nuramila. (2020). Kajian Pragmatik Tindak Tutur dalam Media Sosial. Banten: YPSIM.
    Nurwahyudi. (2023). Analisis Interaksi Edukatif Dalam Proses Belajar Mengajar Terhadap Prestasi Belajar. MindSet: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1): 40. https://journal.staimaarifkalirejo.ac.id/index.php/mindset/article/view/73
    Pitoyo, A. (2016). Dasar-Dasar Interaksi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Kediri: CV. Dimar Intermedia.
    Purba, A. (2011). Tindak Tutur dan Peristiwa Tutur. Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1): 77–91. https://online-journal.unja.ac.id/pena/article/view/1426
    Rismawati. (2019). Tindak Tutur Guru dalam Proses Belajar Mengajar Di Paud It Mina Aceh Besar. Jurnal Metamorfosa, 7(2): 153–160. https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/259
    Rohana & Syamsuddin. (2015). Analisis Wacana. Makassar: Samudra Alif-MIM.
    Rohmadi, M. (2014). Kajian Pragmatik Percakapan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Paedagogia 17(1):53–61. https://jurnal.uns.ac.id/paedagogia/article/view/36034
    Sebtiana, Yayuk. (2018). “Tuturan Lokusi, Ilokusi, Dan Perlokusi Dalam Interaksi Pembelajaran Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 2 Jumapolo.” Skripsi (21):21.
    Setiawan, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Sidoharjo: Uwais Inspirasi Indonesia.
    Sumarlam, dkk. (2023). Pemahaman dan Kajian Pragmatik. Solo: Bukukatta.
    Wiratno, T.& S.R. (2014). Pengantar Linguistik Umum: Bahasa, Fungsi Bahasa, dan Konteks Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.
    Woro, R. (2014). Kajian Pragmatik dalam Studi Linguistik. Yogyakarta: CV. Hidayah.
    Yuliantoro, A. (2020.) Analisis Pragmatik. Surakarta: UNS Press.