Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang yang berjumlah 151 orang. Sedangkan sampel penelitian ini menggunakan teknik random sampling sebanyak 22% dari jumlah populasi, yaitu 33 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Kemampuan menulis teks narasi ini akan dinilai dari lima aspek, yaitu isi, struktur, kebahasaan, diksi, dan ejaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang adalah 55,15 (kurang). Adapun rata-rata kemampuan menulis teks narasi tentang pengalaman libur sekolah berdasarkan aspek isi adalah 17,62 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek struktur adalah 15,19 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek kebahasaan adalah 10,10 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek diksi adalah 7,09 (cukup), rata-rata kemampuan menulis teks narasi dari aspek ejaan adalah 5,13 (cukup). Bagi siswa, hendaknya lebih banyak membaca materi dan contoh teks narasi untuk menambah kosa kata. Bagi guru, hendaknya lebih menekankan pembelajaran mengenai penggunaan ejaan.
Kata kunci: Kemampuan, menulis, teks narasi.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.