Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 184 orang, sedangkan sampel berjumlah 30 siswa yang diambil secara acak dari populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes menulis teks cerita fantasi kepada siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan perhitungan rata-rata. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa, kemampuan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu memperoleh skor 76,03 dengan kategori baik.
Kata kunci: Kemampuan menulis teks cerita fantasi
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Dalman. 2014. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
- Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
- Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa di perguruan Tinggi. Bengkulu: Lemlit UNIB Press.
- Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.
References
Dalman. 2014. Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Susetyo. 2010. Penelitian Kuantitatif dan Penelitian Tindakan Kelas. Bengkulu: Universitas Bengkulu.
Tarigan, Henry Guntur. 1994. Menulis Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia: Kemampuan Berbahasa Indonesia untuk Mahasiswa di perguruan Tinggi. Bengkulu: Lemlit UNIB Press.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Remaja Rosdakarya.