Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia jenjang SMP menggunakan dimensi kognitif Taksonomi Bloom dan berdasarkan ciri pertanyaan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP pada tingkat kognitif memahami (C2) mendominasi dengan proporsi persentase yang jauh lebih besar dibandingkan tingkat kognitif lainnya. Kemudian, hasil tersebut belum memenuhi proporsi soal yang baik, yaitu 30% untuk C1 dan C2, 40% untuk C3 dan C4, 30% untuk C5 dan C6. (2) Pertanyaan bacaan yang terdapat di dalam buku teks bahasa Indonesia jenjang SMP masih ada kategori yang belum memenuhi ciri pertanyaan yang baik yaitu terdapat di dalam ciri nomor (3) Pertanyaan hanya untuk satu masalah, nomor (5) Jawaban bukan sekadar ya atau tidak.
Kata kunci: Pertanyaan bacaan.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Bukupaket. Buku Paket Kurikulum 2013. https://www.bukupaket.com (diakses Tanggal 2 Maret 2018).
- Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.
- Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Tarigan, Henry Guntur. 2005. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.
References
Bukupaket. Buku Paket Kurikulum 2013. https://www.bukupaket.com (diakses Tanggal 2 Maret 2018).
Nurgiyantoro, Burhan. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta:BPFE.
Sardiman, A. M. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, Henry Guntur. 2005. Telaah Buku Teks Bahasa Indonesia. Bandung: Angkasa.