Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia meliputi silabus dan rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat guru bersertifikasi di SMP Negeri Seluma berdasarkan Kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa komponen silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Sumber data dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran yang meliputi silabus dan rencana pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia bersertifikasi yang mengajar di kelas VII di SMP Negeri Seluma bedasarkan kurikulum 2013. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu: 1) mengumpulkan perencanaan pembelajaran yang meliputi; silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), 2) membaca/memahami, 3) mengklasifikasi/mengelompokkan 4) penyajian data, 5) kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan pebelajaran yang dibuat guru yang meliputi 1) Silabus yang dibuat guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat enam model atau variasi. 2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri Seluma tidak sama terdapat dua model atau variasi.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Asril, Z. 2015. Micro Teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
- Basrowi, S. 2008 . Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
- Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Pekan Baru: Aswajan Pressindo.
- Rusman. 2015. Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang : Quantum Teaching.
- Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Referensi
Asril, Z. 2015. Micro Teaching. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Basrowi, S. 2008 . Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasibuan, J.J, Dip. Ed, dan Moedjiono. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Helmiati. 2013. Micro Teaching Melatih Keterampilan Dasar Mengajar. Pekan Baru: Aswajan Pressindo.
Rusman. 2015. Pembelajaran . Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sabri, A. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Padang : Quantum Teaching.
Usman, M. U. 2005. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.