Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif untuk meberikan informasi tentang kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dalam bentuk tes tertulis dengan aspek penilaian yaitu: kesesuaian isi dengan topik, struktur, dan ejaan bahasa Indonesia. Wujud data pada penelitian ini berupa skor hasil belajar yang menggambarkan kemampuan siswa dalam menulis teks pidato. Penelitian ini dilakukan pada kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan, yang telah dipilih secara acak menggunakan teknik sample random sampling. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks pidato siswa kelas IX D SMP Negeri 7 Bengkulu Selatan dapat nilai rata-rata sebesar 77,90 kategori baik. Artinya, siswa telah memiliki kemampuan menulis teks pidato, tetapi kemampuan menulis siswa perlu ditingkatkan agar lebih baik lagi. Secara khusus, tiap aspek hasil penilaian kemampuan menulis teks pidato ini sebagai berikut: (1) aspek isi berkategori sangat baik, (2) aspek struktur berkategori sangat baik, (3) aspek diksi berkategori baik, (4) aspek kalimat efektif berkategori baik, dan (5) aspek ejaan berkategori cukup.
Rincian Artikel
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Referensi
- Arsjad, Maidar. G. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
- Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
- Maidar, G. Arsjad. 1991. Pembinan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
- Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
- Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Tarigan, Henry. Guntur.. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
- Wiyanto, A. 2008. Terampil Pidato. Jakarta: PT. Grasindo.
- Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia Kemampuan Berbahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit Unib Press.
Referensi
Arsjad, Maidar. G. 1991. Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Dalman. 2012. Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Press.
Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Maidar, G. Arsjad. 1991. Pembinan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Nurgiyantoro, B. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tarigan, Henry. Guntur.. 1982. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiyanto, A. 2008. Terampil Pidato. Jakarta: PT. Grasindo.
Yulistio, Didi. 2003. Bahasa Indonesia Kemampuan Berbahasa Indonesia. Bengkulu: Lemlit Unib Press.