Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 47 orang siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis data menggunakan persentase dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam kategori cukup berada pada rentang nilai 56-69
Article Details
License
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
How to Cite
Handayani, R., Gumono, G., & Arifin, M. (2020). KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 257–267. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8386
References
- Dalman. 2013. Keterampilan Menulis . Jakarta: Rajawali Pers.
- Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
- Sayuti, Suminto A. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta : Gama Media.
- Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca . Yogyakarta : Graha Ilmu.
- Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
References
Dalman. 2013. Keterampilan Menulis . Jakarta: Rajawali Pers.
Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Sayuti, Suminto A. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta : Gama Media.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca . Yogyakarta : Graha Ilmu.
Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.