Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPN 6 Kota Bengkulu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu. Sampel penelitian berjumlah 47 orang siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan adalah purposive sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis data menggunakan persentase dalam mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi. Hasil penelitian kemampuan mengidentifikasi unsur pembangun cerita fantasi siswa kelas VII SMPN 6 Kota Bengkulu dari keseluruhan aspek memperoleh nilai rata-rata sebesar 67,89 termasuk dalam kategori cukup berada pada rentang nilai 56-69

Article Details

Author Biographies

Riska Handayani, Universitas Bengkulu

Prodi Bahasa Indonesia

Gumono Gumono, Universitas Bengkulu

Prodi Bahasa Indonesia
How to Cite
Handayani, R., Gumono, G., & Arifin, M. (2020). KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR PEMBANGUN CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMPN 6 KOTA BENGKULU. Jurnal Ilmiah KORPUS, 4(2), 257–267. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.8386

References

  1. Dalman. 2013. Keterampilan Menulis . Jakarta: Rajawali Pers.
  2. Mahsun. 2014. Teks Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  3. Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: Badan Percetakan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
  4. Sayuti, Suminto A. 2000. Kajian Fiksi. Yogyakarta : Gama Media.
  5. Somadayo, Samsu. 2011. Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca . Yogyakarta : Graha Ilmu.
  6. Zulela. 2012. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.