Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menginterpretasi teks puisi pada siswa kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru yang sedang melaksanakan pelaksanaan pembelajaran dan siswa yang sedang mengikuti pembelajaran menginterpretasi teks puisi pada Kelas X SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menginterpretasi teks puisi ‘Doa’ karya Chairil Anwar kelas X MIPA 4 menggunakan pendekatan saintifik dan dilaksanakan berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat oleh guru. Guru memberikan petunjuk mengerjakan tugas menginterpretasi teks puisi, siswa mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas dan kemudian guru menilai hasil menginterpretasi teks puisi yang dikerjakan siswa berdasarkan kriteria penilaian yang terdapat di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Aminuddin. 1988. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
- Andanasari, Sarah. 2012. Interpretasi Puisi Aku Karya Chairil Anwar. Skripsi diterbitkan. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
- Kudriyah, Siti. 2007. Pembelajaran Silang Budaya (Interkulturell) Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Sastra Jerman.Skripsi diterbitkan. Medan. Universitas Negeri Medan.
- Mulyasa E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosda. Bandung.
- Parera, Jos Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
- Rezeki, P. S. 2018. Interpretasi puisi "Surat Kau" Karya Joko Pinurbo Menjadi Karya Seni Gerafis. Jurnal Pdf, 13.
- Sujadi Imam & Sunrdi. 2017. Sumber Belajar Calon Peserta Program PLPG. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
- Syaiful, Bahri & Azwan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
- Uno, B, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
References
Aminuddin. 1988. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru.
Andanasari, Sarah. 2012. Interpretasi Puisi Aku Karya Chairil Anwar. Skripsi diterbitkan. Bandung. Universitas Komputer Indonesia.
Kudriyah, Siti. 2007. Pembelajaran Silang Budaya (Interkulturell) Untuk Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Sastra Jerman.Skripsi diterbitkan. Medan. Universitas Negeri Medan.
Mulyasa E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Rosda. Bandung.
Parera, Jos Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Rezeki, P. S. 2018. Interpretasi puisi "Surat Kau" Karya Joko Pinurbo Menjadi Karya Seni Gerafis. Jurnal Pdf, 13.
Sujadi Imam & Sunrdi. 2017. Sumber Belajar Calon Peserta Program PLPG. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Syaiful, Bahri & Azwan, Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, B, Hamzah. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.