Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik wawancara pada penelitian adalah teknik wawancara tidak terstruktur (wawancara mendalam). Dalam teknik wawancara ini peneliti tidak menggunakan pedoman wawancara, namun tetap mendapatkan jawaban yang diinginkan peneliti. Begitu juga pada teknik dokumentasi guna melengkapi data-data yang dibutuhkan peneliti, peneliti akan menyajikan dokumen dalam bentuk gambar dan tulisan, dalam hal ini wawancara dilakukan dengan salah satu guru Bahasa Indonesia di kelas XI. Dokumentasi penelitian berupa RPP, Silabus, foto-foto kegiatan siswa selama proses pembelajaran. Pada penelitian ini, peneliti melakukan uji keabsahan data dengan cara uji kreadibilitas. Uji kredibilitas pada penelitian ini yaitu peneliti hanya mengambil tahap uji kredibilitas, yakni perpanjangan pengamatan, dengan melakukan perpanjangan pengamatan, peneliti tidak hanya datang sekali saja ke lokasi namun peneliti melakukan pengamatan dan melakukan wawancara hingga mendapatkan data yang valid. Hasil penelitian dan pembahasan terhadap pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis karya ilmiah di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu dapat disimpulkan bahwa pertama, pelaksanaan pembelajaran menulis karya ilmiah di kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu pada dasarnya telah direncanakan melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Article Details
Authors who publish with this journal agree with the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
- This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
- Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
- Barnawi, Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
- Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
- Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
- Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
- Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
References
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Barnawi, Arifin, M. 2015. Teknik Penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.
Ibrahim. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Panduan Penelitian Beserta Contoh Proposal Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Nurudin. 2010. Dasar-Dasar Penulisan. Malang: UMM Press.
Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Rusman, 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Sani, R. A. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.