Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan adopsi nilai-nilai budaya local dalam manajemen penjamin mutu pada standar proses pendidikan di SMAN 1 Bengkulu-Tengah.  Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.  Tehik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Subjek penelitian ini adalah guru, kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang kurikulum. Langkah-langkah dalam analisa data dimulai dengan mengumpulkan data dengan membuat abstraksi (rangkuman), menyusun data  dalam satuan satuan, pengkategorian dan mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Setelah di lakukan analisa data selanjutnya di ambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian dari adopsi nilai-nilai budaya local dalam manajemen penjamin mutu pada standar proses pendidikan telah diterapkan oleh guru sesuai dengan situasi, kondisi dan pemahaman mengenai nilai-nilai budaya lokal.

Article Details

References

  1. ----------, Makalah, Laporan Referensi dan Tesis). Bengkulu : Program Study Magister Pendidikan Universitas Bengkulu.
  2. ----------, Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005. Standar `Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas
  3. Aginista-blogspot-Co.Id/2013/02 Metode-Pembelajaran-Reward. html.
  4. Alma Buchari, 2008. Manajemen Corporate Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan. Bandung : Alphabeta
  5. Amiruddin, 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu
  6. Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI,1999. Perubahan Nilai Upacara Tradisional Padan Masyarakat Pendukungnya. Jakarta : Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-nilai Tradisional Direktorat Sejarah dan nilai.
  7. Dinas Kebudayaan,Pariwisata dan Perhubungan, 2010. Hukum Adat Kepahiyang.
  8. Effendi,R, 2010. Upacara Perkawinan Suku lembak. Bengkulu : CV. Citra Sahabat
  9. Hadis Abdul, 2012. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung : Alphabeta
  10. Idi, A, 2011. Sosiologi Pendidikan. Jakarta : 2011.
  11. Ips.Mrwinda.blogspot.co.id/2013/03/pengertian budaya.lokal-dan-nasional.html
  12. Lpppk-blogspot.co.id/2013/06 upaya meningkatkan-keterampilan.html
  13. Moleong, Lexy J, 2002. Methodology Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
  14. Nisakhoirotun 95.blogspot.co.id/2015/06 penerapan sosiolinguistik-dalam html
  15. Oeman-Sumber ilmu-blogspot.co.id/2012/14/konsep-konsep budaya local-html
  16. Permendiknas Nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi
  17. Perpustakaan cyber.blogspot.coid/2013/02/budaya local-pengertian-macam-macam-contoh-ciri-ciri.html
  18. Ratna,N.K, 2010. Metodologi Penelitian Kajian Budaya dan Ilmu Sosial Humaniora pada Umumnya. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
  19. Rosyadi,I, 2013. Kebudayaan Rejang. Yogyakarta : Litera
  20. Sasongko, R.N. 2016. Desain Inovasi Manajemen Sekolah. Jakarta : Shany Publisher.
  21. Siana, Aliman. Prespektif Perencanaan Pendidikan. Bengkulu : FKIP UNIB
  22. Srisulistr. blog. Upi. Edu/2015/11/14 penerapan-reward-dan punishment-pada siswa 4dili.
  23. Sugiyono, 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : CV Alfabeta
  24. Ti-Pembelajaran.blogspot.co.id./2010/12/pembelajaran –berbasis-budaya html
  25. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  26. Woocara.blogspot.co.id/2015/12/30 pengertian bahasa menurut para ahli dan fungsi bahasa.html