Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengambarkan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru di Sekolah Menengah Atas negeri 1 Lintang Kanan Kabupaten Empat Lawang. Penelitian ini mendiskripsikan tentang program kepala sekolah, langkah-langkah kepala sekolah, mengelola sumber-sumber daya, dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penilitian  kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data teknik pengamatan, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Program kepala sekolah, langkah-langkah kepala sekolah, mengelola sumber-sumber daya, dan faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Mengatasi masalah peningkatan kompetensi kepribadian guru kepala sekolah sudah melakukan secara efektif dan efisien. Analisi penelitian strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kepribadian guru, antara lain membuat program, teknik kepala sekolah, mengelola sumber daya, faktor pendukung dan penghambat.

Article Details

References

  1. Arikunto,Suharsimi.2006.Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Peraturan Pemerintah.2005.Satandar Nasional Pendidikan tentang Kompetensi Kepribadian. Jakarta.
  3. Permen Diknas. 2007. Standar Kepala Sekolah/Madrasah. Jakarta.
  4. Peraturan Pemerintah.2015. Satandar Nasional Pendidikan tentang Kompetensi Kepribadian Guru. Jakarta.
  5. Sasongko,Rambat Nur.Dkk.2011.Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Penulisan Makalah,Laporan Referensi, dan Tesisi.Bengkulu: Prodi Magister
  6. Administrasi Pendidikan PPsFKIP Universitas Bengkulu.
  7. Wahjosumidjo. 2001. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Tinajauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja grafindo persada.
  8. Mulyasa . 2005. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya