Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan komunikasi antar pihak dalam manajemen sekolah untuk mencapai prestasi yang optimal di Sekolah Dasar Negeri 4 Kaur. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif  kualitatif. Subjek adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala dan pegawai bagian administrasi sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dekripsi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara pihak-pihak di Sekolah Dasar Negeri 4 Kabupaten Kaur terlihat oleh berbagai pihak, dalam hal ini kepala sekolah, guru, siswa, bahkan orang tua sebagai sesuatu yang sangat penting keberadaannya. Keefektifan komunikasi antar pihak, terutama dalam mencapai kinerja atau kinerja sekolah yang optimal adalah sebuah kebutuhan. Atas dasar pemikiran tersebut, perhatian besar diberikan, terutama oleh kepala sekolah, dengan memanfaatkan berbagai sumber yang tersedia di sekolah untuk komunikasi seperti yang diinginkan di atas agar dapat dicapai sebaik mungkin. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar kepala sekolah terus meningkatkan kualitas komunikasi antar pihak

Keywords

Komunikasi Antar Pihak Prestasi Optimal

Article Details

References

  1. Ahdiyat, Muhammad.2013. “Meningkatkan Efektivitas Komunikasi ntarpribadi Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa VII C SMP Negeri 3 Kendal Tahun Ajaran 2012-2013”.Skripsi. Jurusan imbinganKonseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.
  2. Andreas Caesar Kuncoro (2017). http:// efek komunikasi massa12. blogspot.co.id /2017/01/efek- komunikasi- massa- terhadap-individu.html.
  3. Arifmun. komunikasi. blogspot.co. id/2017_01_01_ archive.html.
  4. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
  5. Dedy Mulyasana (2000). Human Communication: Konteks-Konteks Komunikasi. Bandung: Penerbut PT Remaja Rosda Karya.
  6. Disdik Bekasi (2015). Pengertian dan Tujuan Pendidikan di Sekolah Dasar. https://disdik.bekasikab.go.id/.
  7. Effendi,. 1993. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Citra Aditya Bakti, Bandung.)
  8. Elisabeth Segiro (2014). http://www. kompasiana. com/ elisigiro/ pentingnya- komunikasi-dalam- kehidupan-manusia_552af7 c1f17e 61145 bd623cc. Pentingnya Komunikasi dalamKehidupanManusia.
  9. Hafied Cangara, (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta:PT. RajaGrafindo Persada.
  10. Halimatu Khoirun Nisa (2016), “Komunikasi Pembelajaran Guru dengan Siswa dalam Pembelajaran Tematik Kelas IB MIN Tempel Yogyakarta”.Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.
  11. Hanafi, A. 1984. Memahami Komunikasi Antar Manusia. Surabaya: Usaha Nasional.
  12. Miles, Matthew B and A. Michael Huberman (1984). Analisis Data Kualitatif.Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia Press
  13. Muhammad Nazir (1986) Metode Penelitian. Bandung: Penerbit CV Remaja Rosdakarya.
  14. Nana Syaodih Sukmadinata (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya.
  15. NUS, MBA (2010). http://dokumen.tips/documents/strategi-komunikasi-yang-efektif.html.
  16. Onong Uchjana Effendi (2000) Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Pdenerbit Angkasa.
  17. Oteng Sutisna (1989). Administrasi Pendidikan. Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Penerbit Angkasa.
  18. Rasyid Wicaksono Hadi (2013). Efektivitas Komunikasi Instruksional Di Smk Negeri 1 Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Pendidikan Administrasi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta 2013
  19. Umi Saidah (2010). Proses Komunikasi Kepala Sekolah Dengan Guru Di Smpn 48 (SSN) Jakarta Skripsi Pada Jurusan Kependidikan Islam Program Studi Manajemen Pendidikan Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
  20. Veithzal Rivai, Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi,(Jakarta: PT Grafindo Persada, 2008), hal. 357.
  21. Wahjo Sumidjo (2007), Kepemimpinan Kepala Sekolah Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
  22. Widjaja. (2000), Ilmu Komunikasi: Pengantar Studi. Jakarta: PT Rineka Cipta.