Main Article Content

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembinaan kompetensipedagogik guru melalui supervisi kunjungan kelas di SMA Negeri 1 Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kompetensi pedagogik guru, langkah-langkah supervisi kunjungan kelas, kendala-kendala supervisi kunjungan kelas, dan hasil pembinaan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi kunjungan kelas. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru senior, dan guru mata pelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktivitas dari analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan kompetensi pedagogik guru melalui supervisi kunjungan kelas di SMA Negeri 1 Muara Pinang Kabupaten Empat Lawang menjadikan guru lebih memahami karakterisik peserta didik, mampu menyusun rencana dan strategi pembelajaran, melaksanakan pembelajaran yang mendidik, serta merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran yang baik.

 

Kata kunci: Kompetensi pedagogik, guru, kunjungan kelas

Article Details

References

  1. Arikunto, S. 2006. Dasar-Dasar Supervisi. Jakarta:Rineka Cipta.
  2. Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  3. Direktorat Tenaga Kependidikan Dirjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2007. Naskah Materi Diklat Pembinaan Kompetensi Evaluasi Pendidikan untuk Pengawas Sekolah Pendidikan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  4. Herliani, Elly. 2016. Modul Guru Pembelajar Mata Pelajaran Kimia Sekolah Menengah Atas Kelompok Kompetensi A (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Masaong, Kadim. 2013. Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru Memberdayakan Pengawas Sebagai Gurunya Guru. Bandung: Alfabeta.
  6. Mulyasa, E. 2016. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  7. Naim, Ngainun. 2009. Menjadi Guru Ispiratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan Nasional. 2011. Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala Sekolah modul “Supervisi Akademik”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  9. Rosyada, Dede. 2016. Kompetensi Pedagogik Guru. http://www.uinjkt.ac.id/kompetensi-pedagogik-guru/. Diakses tanggal 25 Mei 2017