Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan, pelaksanaan, hasil dan hambatan dalam supervisi klinis kepala sekolah di SMP Negeri 38 Mukomuko. Penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian   kualitatif   yang dilaksanakan  pada  bulan Agustus-Oktober 2017. Subjek penelitian ini (1) Kepala sekolah, (2) Wakil kepala sekolah, dan (3)  Guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan cara perolehan data dengan menggunakan cara; observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Supervisi klinis digunakan untuk menyelesaikan permasalahan PBM  untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran  melalui tahap perencanaan; pelaksanaan; hasil; dan  Hambatan dalam pelaksanaan supervisi klinis:

Keywords

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pelaksanaan hasil dan hambatan dalam supervisi klinis kepala sekolah di SMP Negeri 38 Mukomuko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang dilaksanakan pada

Article Details

References

  1. Amirin, Tatang M. 1998.Menyusun Rencana Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Media
  2. Bafadal, Ibrahim. 2003. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar.Jakarta : BumiAksara.
  3. BSNP. 2006. Standar Isi. Badan Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.
  4. DanimSudarwan. 2002. Menjadi Peneliti kualitatif. Pustaka Setia. Bandung.
  5. Undang Depdiknas Undang No. 20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional (SISPENAS).
  6. Direktorat Tenaga Kependidikan. 2008. Penilaian Kinerja Guru.Jakarta: Direktorat Jenderal.
  7. Hanum, Hafrida. 2007.Implementasi Supervisi Klinis Dan Pemberian Motivasi Kepala SekolahUntuk Peningkatan Kinerja Guru Smp Negeri 1 Percut Sei Tuan Kabupaten DeliSerdang.Tesis.Universitas Negeri Medan.
  8. Hariwijaya. 2008. Cara mudah menyusun proposal skripsi, tesisi dan disertasi. Pararaton.Yogyakarta.
  9. Sukardjo JS. 2009. Pengertian, Prisnsip dan Prodesur Supervisi Klinis.(http://jssukardjo.staff.fkip.uns.ac.id)
  10. Margono. 2004. Metologi Penelitian Pendidikan Komponen MKDK. PT. Rineka Cipta. Jakarta
  11. Marli, Suhardi. Supervisi Klinis Bagi Calon Guru dalam Program Pengalaman Lapangan.Jurnal Visi Ilmu Pendidikan. 2005. 432-444.Masaong, Abd.Kadim. 2010. Supervisi Pendidikan.Bandung: MQS Publishing
  12. Moleong. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  13. Nana Sujana. 2008. Supervisi Akademik (membina profesionalisme guru melalui
  14. supervisiklinis). Jakarta: LPP Bina Mitra.
  15. Ngalim Purwanto. 2008. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung, PT.RemajaRosdaKarya
  16. Nuraini.2009. Implementasi Supervisi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Kerja GuruMadrasah Aliyah Negeri 3 Medan.Tesis.Universitas Negeri Medan.
  17. Sugiyono. 2008. Memahami Peneltian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta. 2008
  18. Suharsimi.Arikunto.1993. Manjemen Penelitian. PT. Raja Grafindo. Persada. Jakarta.
  19. Supandi. 1996. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama UniversitasTerbuka.
  20. Tilaar. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Rineka Cipta. Jakarta.
  21. Winarno Surahmad.1982. Metode Penelitian. Eresco, Bandung.
  22. Yunus.2010. Indikator Kinerja Guru dan Penilaiannya.http://myunus. com/page/28012/indikator-kinerja-guru-dan-penilaiannya.html.
  23. Yusni Siregar. 2008. Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Klinis
  24. di SMP N Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara.Jurnal.Educandum S3 PascasarjanaUniversitas Negeri Medan Vol. 1, No. 2, Ed. 2, Desember.