Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian menganalisis pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Ketahun. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru dalam pembelajaran (2) apakah ada pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja guru dalam pembelajaran (3) apakah ada pengaruh motivasi kerja dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru dalam pembelajaran. Populasi penelitian  ini adalah 167 guru SD di Kecamatan Ketahun, teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu menggunakan teknik Proporsional Random Sampling yang mana diperoleh sampelnya berjumlah 63 orang guru. Teknik Pengumpulan data menggunakan angket dan survey. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS versi 16.0. Hasil penelitian ini adalah : (1) Motivasi kerja secara signifikan berpengaruh  positif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 0,597 (2) Lingkungan kerja secara signifikan berpengaruh  positif terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 0,306 (3) Motivasi kerja  dan Lingkungan Kerja secara bersama-sama berpengaruh  positif dan signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran sebesar 0,595. Kesimpulan bahwa kedua variabel secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama merupakan faktor determinan  meningkatkan kinerja guru.

Keywords

Motivasi Kerja Lingkungan Kerja Kinerja Guru

Article Details

References

  1. Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. A Tabrani R, (2000), Upaya Meningkatkan Budaya Kinerja Guru, Cianjur: CV Dinamika Karya.
  3. Badri Munir Sukoco. (2006). Manajemen Administrasi Perkantoran Modern.Surabaya: Erlangga.
  4. Juwita Marni.(2016). Pengaruh Budaya Organisasi, Komitmen Guru dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 03 Mukomuko. Tesis. Universitas Terbuka.
  5. Mc. Donald. (2001). Motivation. New York. American Psichologis.
  6. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.