Main Article Content

Abstract

Tujuan dari pernyataan ini berkaitan dengan efektifitas pengelolaan dana bantuan operasional sekolah dalam meningkatankan mutu pendidikan Studi deskriptif kualitatif di SMA Negeri 2 Kaur. Metode penelitian ini bersifat kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, bendahara, guru, staf administrasi, dan komite sekolah SMAN 2 Kaur. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data ini diterima dengan menggunakan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah yang pertama, pengelolaan perencanaan pengaturan RKS dana bantuan oprasional sekolah sesuai dengan visi misi sekolah. Kedua, pengelolaan pelaksanaan dana BOS di SMAN 2 Kaur telah dilaksanakan oleh sekolah sesuai pedoman operasional dan teknis. Tiga, pengelolaan pengawasan BOS di SMAN 2 Kaur bertujuan untuk mengurangi atau menghindari masalah yang lebih baik. Dan yang terakhir adalah pelaporan manajemen dan akuntabilitas pelaksanaan penggunaan dana BOS dalam penyusunan laporan pertanggungjawaban SMAN 2 Kaur masing-masing jenis penggunaan dana dalam bentuk laporan.

Keywords

Pengelolaan BOS Mutu pendidikan

Article Details

References

  1. Adi, D K. 2001. Kamus Praktis Bahasa Indonesia. Surabaya: Fajar Mulya. http://www.finance.detik.com/ekonomi-bisnis.(Diunduh 16 januari 2017)
  2. Aliman, 2014. Perspektif Perencanaan Pendidikan. Bengkulu: Unit penerbitan FKIP UNIB
  3. Danim, 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif . Bandung: Pustaka Setia
  4. Depdiknas, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Depdiknas. Jakarta.
  5. Depdiknas. 2008. Monitoring Pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan dan Akreditasi Sekolah. Jakarta :
  6. Depdiknas. Depdiknas. 2008. Penyusunan Program dan Pengawasan Sekolah. Jakarta : Depdiknas.
  7. Dessy,2011. Manajemen Keuangan Sekolah. http://www.finance.detik.com/ekonomi-bisnis. (Diunduh 16 januari 2017)
  8. Fattah, Nanang. 2004. Pembiayaan Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung. Remaja Rosdakarya.
  9. Kemendikbud, 2015. Petunjuk Teknis Penggunan Dana BOS dan Laporan Keuangan BOS Tahun Anggaran 2015. Jakarta: Kemendikbud
  10. Kemendiknas dan Kemenag RI, 2011.Bantuan Operasional Sekolah materi pelatihan Sekolah/Madrasah Peningkatan Manajemen Melalui Penguatan Tata kelola dan Akuntabilitas di Sekolah/Madrasah 2011. Jakarta: Kemendiknas dan kemenag RI.
  11. Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
  12. Mulyono, 2010. Konsep Pembiayaan Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
  13. Mulyasa, 2003. Manajemen Berbasis Sekolah. Konsep, Strategi dan Implementasi. Remaja Rosdakarya. Bandung.
  14. Miles dan Huberman. 1994. Analisis Data Kualitatif; Buku Sumber Tentang Metode-Metode Bars. Terjemahan Oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 2007. Jakarta: UI-Press.
  15. Nawawi,Hadari. 2006. Evaluasi dan Manajemen Kinerja Dilingkungan Perusahaan dan Industri. Yokyakarta: Gadja Mada University Press.
  16. Pidarta, 1998. Manajemen Pendidikan di Indonesia. Bumi Aksara. Jakarta.
  17. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2007 tentang Standar Pengawas Sekolah/ Madrasah.
  18. Sasongko, Rambat Nur dan Sahono, Bambang. 2016. Desain Inovasi Manajemen Sekolah. Bengkulu: Shani.
  19. Somantri, Manap. 2013. Perencanaan Pendidikan. Bengkulu: Penerbit IPB Pres
  20. Siagian, S.P.1983. Administrasi Pendidikan. Jakarta: Bina Rupa Aksara.
  21. Umaedi, 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Buletin Pusat Perbukuan Depdiknas. Jakar