Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meanalisis apakah terdapat hubungan antara budaya kerja  dan kerjasama tim dengan kinerja guru dalam pembelajaran di SMPN Kecamatan Pinang Raya Kabupaten Bengkulu Utara. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh dewan guru yang mengajar di SMPN Kecamatan Pinang Raya. Metode pengambilan sampel adalah dengan random sampling atau pengambilan sampel secara acak. Data diperoleh dengan memberikan angket dan hasil survei. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya kerja dengan kinerja guru dalam pembelajaran dengan koefesien korelasi (r = 0,546), kedua terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kerjasama tim dengan kinerja guru dalam pembelajaran dengan koefesien korelasi (r = 0, 439), ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama antara budaya kerja dan kerjasama tim dengan kinerja guru dalam pembelajara dengan koefesien (R = 0,552). Kesimpulan pada penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara budaya kerja dan kerjasama tim dengan kinerja guru dalam pembelajaran

Keywords

Manajemen Kepala Sekolah Budaya Kerja Guru

Article Details

References

  1. Depdiknas. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
  2. E. Mulyasa, (2007), Menjadi Guru Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
  3. Fullan, M., 1993, Why teachers must become change agents. Educational Leadership Journal.50-12-17.
  4. Hasan Mustafa , 2011, Pentingnya Kerja Tim dalam Organisasi untuk Pencapaian hasil optimal, Makalah seminar Nasional di Uhamka Jakarta Tahun 2011.
  5. Kunandar. (2007). Guru Profesional : Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
  6. Parwazalam Abdul Rauf, 2011, The Effect of School Culture on the Management of Professional Development in Secondary Schools in Malaysia. The Malaysian Online Journal of Educational Science, Volume 2, Issue 3
  7. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.